Baca Berita

Bupati Gede Dana Paparkan Skema Penanganan COVID-19

Oleh : | 02 Maret 2021 | Dibaca : 129 Pengunjung

Bupati Karangasem Gede Dana bergerak cepat mensinergikan semua komponen pemerintah daerah, agar benar-benar fokus menangani pandemi COVID-19 sampai tingkat terbawah di setiap desa. Langkah-langkah strategis dalam skema penanganan COVID-19 disampaikan Bupati Gede Dana saat memimpin rapat Forkompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Karangasem, di Wantilan Pemkab Karangasem, Selasa (2/3/2021).

Diikuti Wakil Bupati Karangasem Wayan Artha Dipa, Ketua DPRD Karangasem Wayan Suastika, Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf. Bima Santosa, Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini, Kajari Karangasem Aji Kalbu Pribadi, Ketua PN Amlapura I Wayan Suarta, S.H.,M.H,. pimpinan OPD dan unsur terkait lainnya, rapat ini khusus membahas penanganan COVID-19 agar lebih tajam dan persiapan Tawur Agung Kesanga menjelang hari raya Nyepi nanti.

Bupati Gede Dana menyampaikan, dampak COVID-19, tidak hanya terhadap kesehatan, tapi juga ekonomi dan sosial. Dirinya menyampaikan terima kasih kepada semua lembaga daerah di dalam Forkopimda Karangasem, yang telah bekerja keras menghadapi COVID-19 selama setahun terakhir ini. Bupati Gede Dana menyadari, adanya permasalahan sumber dana yang tidak mencukupi dalam mengambil tindakan strategis penanganan covid,-19, namun demikian pihaknya sudah berkomitmen untuk selalu bekerja keras dalam mengatasi pandemi ini.

Selanjutnya, Bupati Gede Dana menegaskan langkah awalnya akan lebih banyak berkoordinasi dengan semua instansi hingga MDA (Majelis Desa Adat) dan desa dinas. Seluruh arahan pemerintah agar benar-benar ditaati.

Selanjutnyada Sekda, agar menyampaikan kepada para camat untuk melibatkan perbekel dalam penanganan COVID-19, dengan dukungan pendanaan dari desa.

Sementara sesuai arahan pemerintah pusat untuk refocussing APBD yang segera ditindaklanjuti, Bupati Gede Dana berharap agar pimpinan DPRD dapat memaklumi situasi ini. Karena akan ada perubahan besar di dalam APBD. Salah satunya pengurangan 8% DAU (Dana Alokasi Umum), maupun BKK dari Pemprov Bali.

Sementarau kemarin mengawali tugas ini. Saya menyadari ini tugas berat. Maka, saya berharap dukungan semua lembaga daerah, agar penanganan di Karangasem, bisa lebih maksimal menekan penyebaran virus ini. Selanjutnya mohon masukannya," kata Bupati Gede Dana.

Ketua DPRD Karangasem Wayan Suastika dalam kesempatan ini, mengatakan siap bersinergi untuk pembahasan anggaran dalam mempercepat penanganan COVID-19. Terutama, terkait pembiayaan karantina, agar secepatnya mengambil langkah dan bersinergi untuk menanggulanginya.

Sedangkan, Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf. Bima Santosa menegaskan, mengenai pelaksanaan vaksinasi tahap 2, perlu evaluasi berkaca dari tahap 1, agar pelaksanaannya bisa lebih cepat.

Sejalan dengan dandim, Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini, menyatakan siap mengawal setiap kebijakan pemkab. Menurutnya, semua desa harus dilaksanakan pendisiplinan PPKM. Tidak hanya pada zona merah, tetapi juga di zona kuning (38 desa).

Wakil Bupati Wayan Artha Dipa menambahkan, pemkab berencana melaksanakan isolasi terpusat, dengan pembiayaan APBD. Untuk itu akan dibuatkan Peraturan Bupati terkait perubahan anggaran. Khusus terkait isolasi di desa, ia menugaskan Kadis Sosial untuk mengkaji pemberian bantuan pangan. Jika ada hambatan agar dilaporkan kepada pimpinan.

"Terkait Nyepi dan ogoh-ogoh, MDA dan PHDI agar mengedukasi sekaa teruna agar sadar bahwa sampai saat ini masih dalam kondisi pembatasan sosial," katanya.

Menyimak seluruh masukan di dalam Forkopimda, Bupati Gede Dana menginstruksikan agar seluruh Kepala OPD terkait segera menindaklanjutinya. Terutama terkait perubahan anggaran, agar secepatnya dilaksanakan. Khusus kepada MDA maupun PHDI, Bupati Gede Dana mengingatkan agar mempertegas kembali protokol kesehatan di hari pengrupukan, dan pengawasan oleh pecalang.

"Terima kasih kepada semua pimpinan lembaga daerah, atas semua perannya dalam penanganan COVID-19. Saya berharap seluruh pihak tidak merasa bosan untuk melaksanakan tugas berat ini. Dengan kerjasama yang baik, saya yakin semua masalah yang muncul akan tertangani dengan baik, menuju Karangasem Era Baru," tutup Bupati Gede Dana. (Team)


Oleh : | 02 Maret 2021 | Dibaca : 129 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Galeri
Banner
Kritik Saran

I Komang Karyana

2021-01-27 11:13:04

Area Blankspot

Selengkapnya...

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Pengunjung Hari Ini : 54

Total Pengunjung : 855238

Pengunjung Online: 5

Pengunjung Tahun 2018: 131224

Pengunjung Tahun 2019: 107326

Pengunjung Tahun 2020: 144390