Baca Berita

Wabup Artha Dipa Dukung Gerakan Kedas Sampah Plastik di Kawasan Pura Agung Besakih

Oleh : | 02 Februari 2019 | Dibaca : 63 Pengunjung

Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa turut serta bergotong royong membersihkan kawasan Pura Agung Besakih Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem dari ancaman sampah plastik, Sabtu (2/2). Total sekitar kurang lebih 10 ribu lebih Krama Bali dan Instansi Pemerintah Provinsi Bali dan Kabupaten/Kota mengikuti Gerakan Kedas Sampah Plastik (GEDASAMTIK) di Kawasan Pura Agung Besakih, digagas oleh Mahasiswa dan Pemuda Hindu di Bali dengan konsep ngayah.

Kasi Humas Panitia Gedasamtik, I Gede Buma Dyatmika telah menghimbau kepada seluruh krama Bali yang ikut ngayah pada, Sabtu (2/2) pagi berkumpul di Terminal Kedundung, Besakih tepat pada Pukul 08.00 WITA, dengan menggunakan pakian adat ringan dan membawa perlengkapan karung atau kampil beras, keranjang, slop tangan untuk memungut sampah plastik. Seluruh peserta juga secara mandiri membawa botol minuman, karena panitia sudah menyediakan air galon yang ada di setiap lokasi untuk bisa diisi ulang.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh rombongan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kahutan RI, Gubernur Bali I Wayan Koster bersama Wakil Gubernur Cok Ace,perwakilan Danrem 163/Wira Satya,Kapolda Bali, DPRD Provinsi Bali, hingga pimpinan dan instansi lainnya dengan melakukan deklarasi Bali Bersih Sampah Plastik yang berlangsung di halaman Pura Basukian Puseh Jagat,Kawasan Pura Agung Besakih.

Penyampaian deklarasi Bali Bersih Sampah Plastik disertai pula penyerahan sapu dan alat kebersihan lainnya oleh Gubernur Bali Wayan Koster kepada Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa. Wabup Artha Dipa dalam sambutannya mengatakan Gedasamtik merupakan salah satu wujud dari penerapan Peraturan Gubernur Bali Nomor: 97/Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbunan Sampah Plastik Sekali Pakai. Kegiatan bersih-bersih sampah plastik ini telah dilaksanakan di Pura Lempuyang Luhur pada tanggal 12 Januari 2019 dan dilaksanakan lagi di Pura Besakih pada 2 Pebruari 2019.

Dengan adanya gerakan ini diharapkan dapat mematik kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik dan menjaga lingkungan sekitar bebas dari sampah plastik, terlebih itu di areal Pura. Ada 21 titik yang sudah ditentukan untuk dilakukan pembersihan sampah plastik. Sampah yang terkumpul akan diangkut dengan truk untuk dibawa ke TPA dan ada juga ke bank sampah yang bersedia menampung.

"Kegiatan ini juga berkaitan dengan Panca Wali Krama di Desa Pura Besakih. Kami harapkan melalui fasilitas kegiatan ini,dapat semakin menumbuhkan kesadaran dan pemahaman masyarakat dalam menjaga dan mengelola sampah di Kawasan Pura Besakih sehingga dapat semakin memberikan kenyamanan bagi para pemedek maupun wisatawan yang hadir ,“ ujarnya.

Artha Dipa menambahkan,menyikapi permasalahan sampah, Pemerintah Kabupaten Karangasem telah mrnetapkan Peraturan Daerah Nomor 20 tahun 2012 tentang Pengelolaan sampah, Peraturan Bupati Karangasem Nomor 41 tahun 2018 tentabg Kebijakan dan strategi daerah pengelola sampah rumah tangga. Dengan telah diterbitkannya peraturan tersebut,diharapkan sampah sudah dapat diolah pada sumbernya (rumah tangga*red) dan juga dapat ditularkan ke seluruh kecamatan.

Gubernur Bali, Wayan Koster mengatakan bahwa program ini sangat bagus dan harus diapresiasi bersama. Karena ini merupakan implementasi dari Nangun Sad Kerti Loka Bali, yaitu menjaga kehidupan bumi berserta isinya secara sekala dan niskala. Dalam sambutannya juga beliau menucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara karena kegiatan ini bisa terlaksana. "Saya selaku Gubernur Bali sangat mengapresiasi kegiatan ini, sebab ini adalah salah satu cara implementasi dari Nagun Sad Kerthi Loka Bali, serta saya ucapkan terima kasih atas usahanya kepada penyelenggara atas usahanya dalam mengimplementasikan PerGub Nomor 97 tahun 2018 tentang himbauan pengurangan sampah plastik sekali pakai" ucapnya

 

Peraturan Gubernur ini merupakan satu-satunya peraturan di Indonesia yang melarang penggunaan sampah plastik sekali pakai, sehingga peraturan ini mendapat apreasi secara Nasional dan Internasional. "Selain mendapat apresiasi karena peraturan ini dibuat, saya harapkan kepada seluruh masyarakat dimanapun berada bersama-sama mengimplementasikannya dalam kehidupannya sehari-hari dengan membersihkan sampah plastik sekali pakai." imbuhnya. (Humas Karangasem)


Oleh : | 02 Februari 2019 | Dibaca : 63 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



140x140

Bupati
Karangasem
I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos, MAP

140x140

Wakil Bupati Karangasem
I Wayan Artha Dipa, SH, MH

Galeri
Banner
Kritik Saran

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...

ibu dani

2017-09-05 08:49:27

Pemeriksaan oleh SatpolPP

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Hits : 2895449

Pengunjung Online: 1