Baca Artikel

Mobil/Motor Pintar Karangasem Media Pendidikan Luar Sekolah

Oleh : karangasemkab | 14 Januari 2013 | Dibaca : 1002 Pengunjung

Oleh: Komang Pasek Antara

 

Pendidikan tidak hanya diperoleh di bangku sekolah saja, melainkan dimana dan dalam bentuk apa saja sebagai alternatif dalam proses kegiatan tersebut memberi nuansa mencerdaskan bangsa sesuai yang diamanatkan dalam Undang–undang Nomor 20 tenang sistem Pendidikan Nasional. Salah satu proses pendidikan tersebut dapat melalui media sarana ”mobil/motor pintar”. Tentu pembaca bertanya apa itu mobil/motor pintar?

Sebenarnya nama Mobil/Motor Pintar (Mopin) tidaklah terlalu asing bagi masyarakat Karangasem, betapa tidak, karena kedua jenis kendaraan tersebut dibilang bukan baru lagi ada di bumi Karangasem, sudah ada sejak empat tahun lalu tepatnya bulan Juni 2007 lalu. Apa dan bagaimana sebenarnya sosok dan kiprahnya Mobil Pintar dan Motor Pintar tersebut di masyarkat, ikuti paparan tulisan di bawah ini!

Pemkab Karangasem memperoleh bantuan sumbangan satu unit Mobil Pintar dan Dua unit Motor Pintar dari Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono, istri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Mobil/Motor Pintar tersebut langsung diserahkan oleh Ibu Negara kepada Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, 16 Juni 2007 di Bandara Ngurah Rai, Bali. Kemudian tahun 2010 lalu Karangasem lagi mendapat kecipratan bantuan satu unit Mobil Pintar dari Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono. Kini, pengelolaan Mopin diserahkan kepada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Karangasem.

Bagaimana Wujud Mobil Pintar/Motor Pintar?

Fisiknya Mobil Pintar menggunakan mobil mini bus jenis L 300 dirancang khusus, bagian belakangnya terdapat tiga jendela samping kanan–kiri dan belakang. Ketiga daun jendela tersebut terbuka keatas sekaligus sebagai atap sarana isi koleksi bahan pendidikan yang ada di mobil. Juga dalam mobil dilengkapi sarana dua buah tenda masing–masing berukuran 4 x 4 meter dan satu unit genset listrik. Sedangkan Motor Pintar menggunakan sepeda motor jenis sport roda dua merk Honda, dilengkapi disebelah kirinya gerbong roda dua berukuran panjang sepeda motor dengan tinggi 1,5 meter. Gerbong tersebut tempat koleksi bahan pendidikan. Juga terdapat satu unit genset listrik.

Mobil Pintar/Motor Pintar mengenakan cat warna biru tua kombinasi biru muda bertuliskan ”Mobil Pintar/Motor Pintar”, serta perlengkapan speaker pengeras suara diatas mobil/motor.

Program Mobil/Motor Pintar digagas/dicetuskan oleh Hj. Ani Bambang Yudhoyono, kemudian programnya di kelola oleh Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) berada di bawah Bidang Pendidikan bekerjasama dengan pusat Sumber Belajar Universitas Negeri Jakarta, sedangkan Kelompok kerjanya diketuai oleh Ibu Okke Hatta Rajasa.

Bantuan Mobil dan Motor Pintar dari SIKIB untuk menjalankan program Indonesia Sejahterayang terdiri dari lima bagian yaitu: Indonesia Peduli, Indonesia Pintar, Indonesia Hijau, Indonesia Kreatif dan Indonesia Sehat. Mobil dan Motor pintar merupakan bagian dari program Indonesia Sejahtera yaitu Indonesia Pintar, yang mana dalam program Indonesia Pintar konsep yang dikembangkan adalah education for sustanable development.

Dalam mobil/motor pintar dilengkapi sarana pendidikan sebagai sentra pasilitas pembelajaran yakni: sentra buku, sentra komputer (laptop), sentra alat permainan anak dan sentra panggung mini dan VCD.

Dalam Mobil Pintar/Motor Pintar merupakan sumber belajar dan program pembelajaran pendidikan luar sekolah multifungsi. Masyarakat dapat memanfaatkan sumber belajar tersebut secara gratis tanpa dipungut bayaran. Program tersebut merupakan implementasi dari UUD 1945 yaitu setiap warga berhak mendapat pendidikan.

Sumber belajar yang ada di Mobil/Motor Pintar meliputi bacaan anak, CD interaktif, VCD edukatif, panggung mini dan arena permainan edukatif. Program tersebut dirancang untuk mengebangkan seluruh potensi kecerdasan meliputi: membaca buku, bermain CD interaktif, mendengar cerita, bercerita, permainan edukatif, belajar komputer, melihat pertunjukan boneka, membaca puisi menyanyi dan melukis. Program pembelajarannya menggunakan joyfull learning agar menyenangkan dan bermakna bagi anak. Proses pembelajaran disetiap unit Mobil Pintar/Motor Pintar dibimbing oleh Tutor/Asisten tutor.

Dalam mobil/motor selain disediakan bacaan untuk anak–anak juga disediakan beberapa bahan bacaan untuk orang dewasa yang dapat dimanfaatkan sembari menunggui anak–anaknya bermain di Mopin.

Tujuan Program Mobil Pintar /Motor Pintar

Mobil Pintar/Motor Pintar mempunyai tujuan program meliputi :

1) Meningkatkan minat baca anak usia 3 – 15 tahun; 2) Menjangkau anak – anak yang lingkungan belajarnya tidak memiliki sumber belajar; 3) Mempasilitasi belajar di luar sekolah; 4) Menyebarkan informasi ilmu pengetahuan teknologi dan seni sesuai perkembangan usia anak; 5) Mengoptimalkan potensi anak menggunakan pendekatan multiple intelligence dan 6) Membantu program pemerintah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dilaksanakannya program Mobil/Motor Pintar tersebut dilatar belakangi oleh: 1) rendahnya minat baca masyarakat; 2) banyaknya anak–anak yang belum tersentuh pendidikan formal 3); sedikitnya sumber belajar yang mudah dan murah untuk diakses oleh masyarakat 4); anak memiliki potensi untuk berkembang 5); setiap anak berhak mendapatkan pendidikan formal/non formal; dan 6) anak merupakan aset masa depan bangsa yang harus dikembangkan seluruh potensinya.

Sasaran Program/Prosedur Layanan

Sasaran Mobil Pintar/Motor Pintar yakni: 1) pemukiman yang padat penduduk; 2) pemukiman yang jarang dikunjungi oleh Perpustakaan Keliling; 3) pemukiman yang kurang memiliki sarana penunjang pendidikan; 4) anak berasal dari keluarga prasejahtera; 5) anak jalanan 6); dan anak usia 4 – 15 tahun.

Prosedur pelayanannya Mobil Pintar/Motor Pintar sesuai kebijakan KPAD Kabupaten Karangasem, mengunjungi satu titik lokasi 2 kali setiap minggu (Senin – Kamis) dengan masa putaran dilayani sesuai dengan kondisi daerah setempat.

Di Karangasem, khusus Mobil Pintar sebagai bentuk sosialisasi programnya mengunjungi seluruh desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Karangasem. Untuk selanjutnya setelah masing–masing desa/kelurahan semua mendapat kunjungan, jumlah frekuwensi kunjungan di masing–masing desa/kelurahan akan disesuaikan dengan kebutuhan desa/kelurahan tersebut. Sedangkan motor pintar hanya dapat mengunjungi lokasi/tempat di kota (kelurahan: Karangasem, Padangkerta dan Subagan), karena kondisi motor pintar belum mampu menjangkau media jalan yang sulit di luar kota/kelurahan.

Menurut Kepala Persputakaan dan Arsip Daerah Kab. Karangasem, I Putu Laba Erawan, S.H. MM, sampai saat ini (tahun 2011) Mobil Pintar telah mengunjungi seluruh desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Karangasem.

Dari pengamatan penulis yang pernah ikut dalam tutor tim layanan Mopin ke berbagai tempat lokasi di pedesaan/perkotaan, seluruh warga masyarakat setempat dari anak–anak sampai orang dewasa antusias sekali dan menyambut gembira program seperti ini dalam rangka mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Tidak seperti di ruang kelas disekolah formal, anak–anak bersuka ria dengan bebas, tidak tampak siratan beban pada wajahnya, penuh kebebasan sembari bersosialisasi kolektif dengan teman–temannya menikmati layanan media pendidikan yang tersedia dalam sentra–sentra sesuai dengan kesenangannya dan usia anak bersangkutan. ”kapan lagi mobil/motor ini kesini?” pertanyaan tersebut sering disampaikan oleh masyarakat tempat lokasi kunjungan, mereka seperti merindukan kehadiran Mobil/Motor pintar.

Selain Mopin, Kantor Perpustkaan dan Arsip Daerah Kabupaten Karangasem juga memiliki satu unitMobil Perpustakaan Keliling bantuan dari Perpustakaan Nasional. Sasaran kunjungannya sama dengan Mopin, tetapi Mobil Perpustakaan hanya berisi berbagai jenis buku saja dan tidak memiliki sarana/sentra seperti yang ada di Mopin.

Mobil/motor pintar merupakan komponen dari sebuah sistem pendidikan, tentu semua pihak, pemerintah, lembaga sosial, swasta dan masyarakat turut serta masuk kedalam sistem tersebut berpartisipasi menggerakkan terus roda– roda Mopin untuk membangun anak–anak tunas bangsa di belahan Karangasem menuju masyarakat yang Jagadhita Ya Caiti Dharma. Semoga



Artikel Lainnya :

Lihat Arsip Artikel Lainnya :

 



Galeri
Banner
Kritik Saran

I Komang Karyana

2021-01-27 11:13:04

Area Blankspot

Selengkapnya...

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Pengunjung Hari Ini : 275

Total Pengunjung : 1479932

Pengunjung Online: 6

Pengunjung Tahun 2018: 131224

Pengunjung Tahun 2019: 107326

Pengunjung Tahun 2020: 144390

Pengunjung Tahun 2021: 404435