Baca Berita

Pameran UMKM, Gelar Budaya, dan Pasar Kuliner Rangkaian HUT Kota Amlapura ke-384 Tahun 2024

Oleh : | 23 Juni 2024 | Dibaca : 1041 Pengunjung

Bupati Karangasem I Gede Dana memukul Gong tanda Pameran UMKM, Gelar Budaya, dan Pasar Kuliner  dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Kota Amlapura yang ke-384 secara resmi dibuka, bertempat dipanggung hiburan Taman Budaya Candra Bhuana Amlapura, Sabtu (22/6/2024).

Sekretaris Daerah I Ketut Sedana Merta selaku Ketua Panita penyelenggara dalam laporannya menyampaikan, pada peringatan hari jadi Kota Amlapura ke 384 yang disinkronkan dengan Bulan Bung Karno VI Tahun 2024, kegiatan Pameran UMKM, gelar Budaya dan Pasar Kuliner melibatkan berbagai elemen masyarakat.

"Menghadirkan 32 stand pameran UMKM yang diikuti oleh instansi vertikal, BUMN/BUMD, dan pelaku usaha se-Kabupaten Karangasem," ujar Sedana Merta. Selain itu, pasar kuliner diikuti oleh 64 pedagang dari wilayah Karangasem yang menjual berbagai makanan dan minuman khas daerah tersebut.

"Kami juga menyelenggarakan berbagai pergelaran budaya selama pameran," tambahnya. Pergelaran budaya tersebut meliputi Peed Agung dan Kolaborasi Genjek Masal, Drumband, Joged Masal, Tari Pendet Masal, dan Pragmentari Perjuangan Anak Agung Candra Bhuana.

"Parade Baleganjur antar kecamatan juga akan diadakan dengan partisipasi Seke Bleganjur dari 8 kecamatan se-Kabupaten Karangasem," jelasnya. Acara lainnya termasuk Genjek SMP Negeri 2 Abang, Fashion Show dari GOW, Gambuh Desa Adat Padangaji, dan Drama Gong STKIP Amlapura.

"Hiburan musik akan disuguhkan oleh berbagai artis dan band, seperti Yan Srikandi, Semaya Koplo, Nano Biru, Anak Agung Raka Sidan, Gus Jody, Budiarsa, Tika Pagraky, Yong Sagita, Lingga Jaya, Yasa Sega, Keweh Astrawan dan Seke Liang, Bayu Nirwana, Kak Ely Band, One Band SMA Negeri 1 Amlapura, Gloriuz Band, Blue Haze Band, Agus Music Course Band, Sanggar Seni Galang Kangin SMA Negeri 2 Amlapura, dan Amlapura Music Project dari Gus Lendju," ungkap Sedana Merta.

Sedana Merta juga mengumumkan berbagai lomba yang akan diselenggarakan selama pameran, di antaranya Lomba Mixologi Arak, Lomba Tradisional antar sekolah, Lomba Matembang Sekar Alit tingkat SD dan SMP, Lomba Bebanyolan Tunggal tingkat SD dan SMP, serta Pantomim, menyanyi solo, dan tari kreasi tingkat SMP. "Puncaknya, kami akan mengadakan Grand Final Jegeg Bagus," pungkasnya.

Sedana Merta menambahkan bahwa pembiayaan penyelenggaraan Peringatan Hari Jadi Kota Amlapura ke-384 bersumber dari APBD Kabupaten Karangasem Tahun 2024 yang tersebar di beberapa OPD terkait. "Kami juga mendapatkan bantuan Dana CSR dari Bank BPD Bali, Bank Mandiri Taspen, dan Bank BJB Cabang Pembantu Badung," tutupnya.

Dalam sambutannya Bupati Gede Dana menyampaikan, "Dengan semakin bertambahnya usia Kota Amlapura, saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Karangasem untuk bersama-sama memahami arti penting Sejarah Hari Lahirnya Kota Amlapura. Bagaimana seluruh komponen masyarakat mampu menumbuhkan rasa bangga dan ikut memiliki, untuk berperan aktif dalam memajukan daerah," ujarnya.

Tema peringatan tahun ini adalah “Karangasem Jani Wi (Jana Kerthi Wikrama)”. "Tema ini memiliki makna mendalam yaitu semangat pemerintah dan masyarakat Kabupaten Karangasem dan Kota Amlapura dalam usianya yang ke-384 tahun untuk terus bersinergi, berkolaborasi, serta berinovasi untuk terus berkembang dan berkesinambungan. Kita bekerja bersama bergotong royong guna mewujudkan Kabupaten Karangasem Prakerthi Nadi yang sejahtera berkelanjutan dengan potensi yang kita miliki : kerukunan masyarakat, birokrasi profesional, pendidikan berkualitas, serta SDM yang unggul ditopang oleh sektor ekonomi, pertanian, dan pariwisata budaya yang berkualitas," jelasnya.

Bupati Gede Dana melanjutkan, sesuai laporan ketua panitia penyelenggara, Pameran UMKM, Gelar Budaya, dan Pasar Kuliner akan berlangsung selama 9 (sembilan) hari, dimulai dari tanggal 22 hingga 30 Juni 2024. Tujuan pameran ini adalah untuk membangkitkan ekonomi masyarakat kecil di wilayah Kabupaten Karangasem, juga untuk melestarikan seni budaya, musik, dan lagu Bali.

"Gelar Budaya seperti Parade Baleganjur diikuti oleh 8 kecamatan se-Kabupaten Karangasem merupakan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Karangasem terhadap keberadaan seni budaya Bali yang setiap tahun akan terus berkembang," tambahnya.

Bupati Gede Dana berharap acara ini dapat membangkitkan dedikasi masyarakat Karangasem. "Melalui acara Pameran UMKM, Gelar Budaya, dan Pasar Kuliner Tahun 2024 ini dapat membangkitkan dedikasi masyarakat Karangasem sehingga tumbuh rasa ingin berbelanja produk UMKM Karangasem yang tentunya dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat Karangasem," ujarnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Gede Dana menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Kota Amlapura yang ke-384. Semoga seluruh masyarakat Karangasem diberi keselamatan dan kemuliaan jiwa yang berlandaskan filosofis Tri Hita Karana sehingga terwujud kehidupan yang shanti dan jagadhita. Ia juga berharap dengan semangat gotong royong, optimisme, persatuan, dan kedisiplinan, seluruh elemen masyarakat Karangasem dapat meningkatkan perekonomian daerah.

Bupati Gede Dana juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia dan masyarakat atas terselenggaranya acara ini, dan berharap panitia tetap melakukan koordinasi yang baik dengan stakeholder terutama unsur keamanan TNI, POLRI, dan Pecalang Desa Adat Karangasem sehingga acara berjalan dengan aman dan lancar.

Bupati Gede Dana menutup sambutannya dengan melantunkan pantun, "Tumpek Wayang Sembahyang Ke Pura, Mohon Anugrah Seisi Bumi Pertiwi, Dirgahayu Kota Amlapura Karangasem Jani Wi," tutupnya.

Turut hadir Wakil Bupati Karangasem beserta Ibu, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Karangasem, Sekretaris Daerah beserta jajaran Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karangasem, Direktur RSUD, Perumda Tirta Tohlangkir, BPD Bali Cabang Karangasem, Perseroda PT. Karangasem Sejahtera, Ketua Tim Penggerak PKK, GOW, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Karangasem, Pengelingsir Puri Karangasem, Bendesa Madya Majelis Desa Adat Kabupaten Karangasem, Ketua Forum Perbekel, FKUB, Badan Pengelola Taman Sukasada Ujung dan undangan lainnya.

Dipenghujung acara masyarakat Karangasem yang hadir di Taman Budaya Candra Bhuana dihibur oleh penampilan Cover Dance Fream’p dan Musik Pop Bali yang menghadirkan Semaya Koplo dan Yan Srikandi. (Tim)


Oleh : | 23 Juni 2024 | Dibaca : 1041 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Galeri
Banner
Kritik Saran

I Komang Karyana

2021-01-27 11:13:04

Area Blankspot

Selengkapnya...

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Pengunjung Hari Ini : 431

Total Pengunjung : 2046339

Pengunjung Online: 10

Pengunjung Tahun 2019: 107326

Pengunjung Tahun 2020: 144390

Pengunjung Tahun 2021: 404435

Pengunjung Tahun 2022: 375592

Pengunjung Tahun 2023: 248675