Baca Berita

Dispustaka Karangasem Kerjasama dengan Arsip Nasional RI Gelar Bimtek SRIKANDI

Oleh : | 15 Juli 2021 | Dibaca : 72 Pengunjung

Suasana PPKM Darurat Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan Dinas  Perpustakaam dan Kearsipan (Dispustaka) Kabupaten Karangasem menyelenggarakan kegiatan. Kali ini Dispustaka melebarkan sayap kegiatannya ke tingkat nasional kerjasama dengan lembaga nasional Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta. Bentuk kerjasamanya menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) secara daring melalui aplikasi zoom  selama dua hari, Selasa-Rabu (13-14 Juli 2021).

Topik, Pengelolaan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi yang dikenal dengan nama SRIKANDI di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karangasem. Dibuka Kepala Dispustaka, Drs. I Wayan Astika, MSi.

Bimtek digelar menindaklanjuti Keputusan Menteri PAN & RB nomor 679 tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis, pelaksana ketentuan pasal 36 dan pasal 43 Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang sistem Pemerintah Berbasis Elektronik.

Menampilkan tiga narasumber dari ANRI yakni, Arsiparis Madya, Sri Wulandari S.ST. Ars, selaku Koordinator Kelompok Substansi Daerah I A, Arsiparis Muda Agung Ismawano, SS, M.AP, dan  Arsiparis Muda, Pinandita Syafrisman, S.Sos.

Peserta Bimtek perwakilan Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Karangasem, yakni Dinas Komuniasi dan Informatika, jajaran Dispustaka dan Bagian Umum  Setda Kabupaten Karangasem.

Narsasumber Sri Wulandari S.ST. Ars, selaku Koordinator Kelompok Substansi Daerah I A, mengatakan, bahwa aplikasi SRIKANDI akan diberlakukan secara nasional, sehingga melalui Bimtek ini diharapkan dapat terus dikembangkan oleh pemerintah daerah. Aplikasi yang terintegrasi ini akan memudahkan dalam penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang berbasis elektronik.

Sementara itu, Kepala Dispustaka, I Wayan Astika dalam pembukaannya mengatakan, perkembangan teknologi memberi imbas positif bagi dunia kerja, terutama yang berkaitan dengan efektifitas dan efisiensi penyelesaian pekerjaan, tidak terkecuali dalam pengelolaan tata persuratan dan kearsipan. Sejalan dengan program kerja pemerintah yang menghendaki alur persuratan dan arsip dikelola secara elektronik, maka diperlukan sebuah aplikasi berbasis teknologi informasi yang bisa menunjang pengerjaan tugas-tugas administrasi dan kearsipan.

“Diselenggarakannya Bimtek untuk lebih cepat implementasi aplikasi SRIKANDi dan tercapainya peningkatan pengelolaan dan penatausahaan arsip melalui percepatan penerapan E-Arsip dengan menggunakan aplikasi  di lingkungan organisasi perangkat daerah, Kecamatan dan Kelurahan se-Kabupaten Karangasem”, jelas Astika.

Lanjut dikatakan I Wayan Astika, bahwa kegiatan Bimtek ini dapat menjadi bagian dari kebijakan dan kegiatan pembinaan ANRI seiring dengan perkembangan teknologi Informasi dan Komunikasi dan pentingnya arsip bagi sistem pemerintahan. (Astika, Pasek Antara/Dispustaka Kab.Karangasem)


Oleh : | 15 Juli 2021 | Dibaca : 72 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Galeri
Banner
Kritik Saran

I Komang Karyana

2021-01-27 11:13:04

Area Blankspot

Selengkapnya...

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Pengunjung Hari Ini : 374

Total Pengunjung : 950391

Pengunjung Online: 8

Pengunjung Tahun 2018: 131224

Pengunjung Tahun 2019: 107326

Pengunjung Tahun 2020: 144390