Baca Berita

Peringati HPSN, Plh Bupati Karangasem Ajak Masyarakat Manfaatkan Residu Sampah

Oleh : | 21 Februari 2021 | Dibaca : 136 Pengunjung

Mulailah memandang sampah sebagai residu (sisa) hasil aktivitas sehari-hari yang dapat dimanfaatkan kembali. Hal ini disampaikan Plh Bupati Sedana Merta dalam arahannya saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diisi dengan proses penyemprotan eco-enzim pada tumpukan sampah di TPA Banjar Butus, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, Minggu (21/2/2021).

Ratusan liter cairan eco-enzim (cairan hasil fermentasi dari limbah organik) ini disemprotkan untuk mengurangi kandungan gas H2S (Hydrogen sulfide) sebagai biang kerok bau tak sedap yang muncul dari tumpukan sampah.

Sementara itu, Ketua Yayasan Komunitas Eco-Enzim Nusantara Kabupaten Karangasem, dr. Ketut Budiarta menjelaskan, hari ini semua Komunitas Eco-Enzim Nusantara Provinsi Bali secara serentak menyemprotkan cairan eco-enzim di tiap TPA (Tempat Pembuangan Akhir) dan TPS (Tempat Pembuangan Sampah) yang ada di Bali.

Penggunaan eco enzyme pada dasarnya bukan hal yang baru di Indonesia. Eco enzim sudah masuk ke Indonesia sekitar 8 tahun yang lalu, tapi justru berkembangnya baru 1 tahun ini dan perkembangan awal dari Bali.

Budiarta mengakui, berbagai kegiatan sosialisasi penggunaan eco enzyme selama ini murni merupakan kegiatan sosial.

“Hari ini kita suplai donasi ratusan liter dan telah diserahkan kepada pihak DLH (Dinas Lingkungan Hidup) untuk dikelola. Pihak TPA mengatakan jauh mengurangi bau, lalat jauh berkurang setelah dilakukan beberapa kali penyemprotan,” tuturnya.

Sementara itu, Plh Bupati Sedana Merta sangat mengapresiasi komunitas Eco-Enzim Nusantara Provinsi Bali yang telah menggagas acara ini. Dirinya berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh bahwa sampah organik dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berdampak positif bagi lingkungan dan mempunyai nilai ekonomi.

“Tentu ini sesuai dengan tema peringatan HPSN tahun ini, yaitu Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi. Mengingat bidang pengelolaan sampah menjadi salah satu sektor usaha yang tahan banting selama pandemi covid-19,” ujarnya.

Sedana Merta menyebutkan, sebagai langkah awal, Pemerintah Daerah saat ini siap mendukung program eco-enzim yang digaungkan komunitas Eco Enzim Nusantara Provinsi Bali dengan membuat kajian demplot dan mendorong desa-desa untuk memanfaat pengolahan sampah menjadi eco enzim. Persoalan sampah harus menjadi perhatian utama yang melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam pengelolaannya.

“Selama ini produksi sampah dari desa-desa juga bermuaranya ke TPA. Saya yakin jika metode ini bisa digaungkan kepada masyarakat, maka pasti produksi sampah ke TPA dapat dikurangi.  Walaupun metode ini bukan hal baru, tapi perlu digalakkan kembali,” ujar Sedana Merta.

Seperti yang kita ketahui, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menetapkan tanggal 21 Februari sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) untuk mengenang tragedi longsor sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah Kota Cimahi, Jawa Barat, pada tanggal 21 Februari 2005 silam.Peristiwa terjadi berawal dari curah hujan yang tinggi disertai ledakan gas metana pada tumpukan sampah, akibatnya sebanyak 157 jiwa melayang dan dua kampung (Cilimus dan pojok) tergulung longsoran sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir Leuwigajah.

Sedana Merta menyampaikan, peristiwa  Leuwigajah harus membawa hikmah untuk perubahan mind set (cara berpikir) dalam tata kelola sampah. Semua pihak diimbau meninggalkan paradigma sampah itu hanya kumpul, angkut, dan buang. Tapi mulai dengan kurangi, pilah dan olah sampah menjadi bernilai guna. (Team)


Oleh : | 21 Februari 2021 | Dibaca : 136 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Galeri
Banner
Kritik Saran

I Komang Karyana

2021-01-27 11:13:04

Area Blankspot

Selengkapnya...

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Pengunjung Hari Ini : 451

Total Pengunjung : 834972

Pengunjung Online: 7

Pengunjung Tahun 2018: 131224

Pengunjung Tahun 2019: 107326

Pengunjung Tahun 2020: 144390