Baca Berita

Pemkab-Kejari Karangasem tandatangani MoU masalah hukum dan TUN Sekaligus Peresmian Mobil JAKAMAS

Oleh : | 06 November 2020 | Dibaca : 105 Pengunjung

Pemerintah Kabupaten Karangasem dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Karangasem melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) Tentang penanganan masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (TUN), dilanjutkan dengan peresmian Mobil JAKAMAS (Jaksa Karangasem Memasyarakat) oleh Pjs Bupati I Wayan Serinah dan Plt Kepala Kejaksaan Negeri Karangasem Aji Kalbu Pribadi, S.H, M.H. di Kantor Kejaksaan Negeri Karangasem, Kamis (5/11/2020).
Penandatanganan MoU dilakukan dengan beberapa instansi pemerintah. Didahului penandatanganan antara Kejari dengan Dinas PUPR, dilanjutkan dengan Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, lalu Disperindag Karangasem.
Turut hadir dalam acara tersebut, Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini, Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf. Bima Santosa, Ketua Pengadilan Karangasem dan Sekda Karangasem. Dalam sambutannya Serina menjelaskan, penandatanganan MoU ini merupakan wujud adanya koordinasi Pemerintah Kabupaten Karangasem dengan instansi vertikal yaitu Kejaksaan Negeri Kabupaten Amlapura. Khususnya bagi beberapa OPD yaitu Dinas PUPR, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial dan Dinas Perdagangan Karangasem.
Pjs Bupati I Wayan Serinah mengatakan, penandatanganan MoU ini merupakan wujud adanya koordinasi Pemkab Karangasem dengan instansi vertikal yaitu Kejaksaan Negeri Kabupaten Karangasem. Khususnya bagi OPD yang berkaitan yaitu Dinas PUPR, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, dan Dinas Perdagangan Kabupaten Karangasem.
"Dengan ditandatanganinya kesepakatan kerjasama ini, diharapkan penyelesaian masalah hukum di bidang perdata dan tata usaha negara akan lebih cepat dan tepat sasaran. Serta memberikan kepastian hukum bagi Pemkab Karangasem agar terselenggara pemerintahan yang baik,” ucap Serinah.
Pjs Bupati I Wayan Serinah menambahkan, pihaknya akan melakukan koordinasi dan saling memberikan informasi untuk keperluan pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum, konsultasi hukum, dan tindakan hukum lainnya, sehingga dapat memberikan jaminan keberhasilan dalam upaya penegakan hukum di Kabupaten Karangasem.
“Begitu juga melalui inovasi launching mobil “JAKAMAS” ini, saya berharap agar seluruh masyarakat Kabupaten Karangasem dapat menikmati, memperoleh kemudahan dan mendapatkan pelayanan hukum yang prima dari Kejaksaan Negeri,” katanya.
Plt Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Karangasem, Aji Kalbu Pribadi, SH.,MH menjelaskan, pihaknya siap bersinergi dengan memberi pertimbangan, pendampingan dan bantuan hukum, terutama kepada Pemkab Karangasem di bidang perdata dan tata usaha negara (TUN) sesuai kesepakatan.
“Kami selaku Jaksa Pengacara Negara dengan senang hati memberikan pendampingan untuk berkonsultasi dengan kami tentang permasalahan hukum yang sekiranya kurang dipahami, kami dari Kejari siap membantu,” tegasnya.
Ditambahkannya, melalui lima program layanan unggulan dalam Jakamas yang disebut dengan Panca Swaka Dharma dapat memberikan manfaat, seperti Jaksa Peduli Bencana (Japena), Jaksa Tilang Keliling (Jatiling), Jaksa Pelayanan Penyuluhan dan Penerangan Hukum (Jalpenkum), Jaksa Pelayanan Antar Barang Bukti (Japtarti), dan Jaksa Siaga (Jasi) 24 Jam.
Dirinya berharap dapat mewujudkan masyarakat paham hukum dan memberi kemudahan dalam pelayanan hukum Seperti melalui pelayanan terjun langsung ke masyarakat tanpa perlu keluar rumah yang sangat bermanfaat pada masa pandemi Covid-19. (Leoni/Diskominfo)


Oleh : | 06 November 2020 | Dibaca : 105 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



140x140

Pjs Bupati Karangasem
I Wayan Serinah, S.Sos., M.Si

PENGADUAN
Galeri
Banner
Kritik Saran

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...

ibu dani

2017-09-05 08:49:27

Pemeriksaan oleh SatpolPP

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Hits : 4080115

Pengunjung Online: 7