Baca Berita

Dispustaka selenggarakan lomba cerita rakyat secara virtual

Oleh : | 29 Juni 2020 | Dibaca : 44 Pengunjung

Kisah “Terjadinya Telaga Tista” menangkan juara I  dalam lomba cerita rakyat berbahasa Indonesia secara virtual tingkat SD/MI se-Kabupaten Karagasem tahun 2020. Ceritera tersebut  diceritakan dengan baik oleh  I Komang Tangkas Hendra Dinata, siswa SDN 5 Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, mewakili Kecamatan Bebandem. Lomba kali pertama secara virtual digelar Dispustaka Karangasem bekerjasam dengan Komunitas Literasi Karangasem (KLK). Kisah sejarah telaga Tista sangat menarik, kental bermuatan spritual, dan  merupakan daya tarik wisata tirta,  terdapat kolam besar, airnya disucikan, mengelilingi bangunan pura. Lokasinya di Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem.

  SDN 5 Sibetan mempunyai catatan sejarah prestasi terbaik dibidang lomba cerita rakyat yang digelar Dispustaka Karangasem. Tiga tahun terakhir sejak 2017 lalu, sekolah tersebut telah sukses menangkan lomba cerita rakyat non virtual (langsung). Tahun 2017 dan 2018  lalu, SDN 5 Sibetan, Kecamatan Bebandem,  meraih juara I lomba cerita rakyat berbahasa Indonesia tingkat SD/MI se-Kabupaten Karangasen secara langsung (non virtual) atas nama Ni Wayan Sri Mahayani  dan I Wayan Eka Mahesa. Lomba yang sama di tingkat Provinsi Bali tahun 2017 lalu,  Ni Wayan Sri Mahayani mewakili Kabupaten Karangasem hanya berhasil menyabet juara II. Sedangkan, tahun 2019 lalu SDN 5 Sibetan absen ikut lomba karena belum punya siswa sesuai kreteria lomba duduk di kelas tertentu.

Penilaian oleh lima orang dewan juri secara virtual melalui tayangan video digelar di aula Dispustaka, Jumat (26/6). Sedangkan pemenang II dan III diraih I Made Restu Widhi Adnyana, siswa SDN 1 Karangasem, Kecamatan Karangasem dan Ni Kadek Regina Gheandra Putri, siswi SDN 2 Culik, Kecamatan Abang.

Peserta lomba sembilan orang dari perwakilan kecamatan se-Kabupaten Karangasem. Pemenang I, I Komang Tangkas Hendra Dinata, nantinya  berhak mewakili Kabupaten Karangasem ke lomba yang sama secara virtual di tingkat Provinsi Bali, 30 Juni mendatang.

Lima dewan juri meliputi dari unsur penggelut literasi, sastrawan, pendidik dan penulis, I Komang Pasek Antara, I Gede Aries Pirdawan, I Komang Warsa, I Wayan Kerti dan Ni Wayan Adnyani.

Salah seorang juri, I Gede Aries Pirdawan, seniman sastra dan drama, mengatakan,  I Komang Tangkas Hendra Dinata, layak menangkan lomba yang terbaik diantara peserta lainnya, karena penampilan dan teknis dalam membawakan tokoh cerita itu sangat cocok dengan konten ceritanya, meskipun masih perlu perbaikan dari sisi non teknis, yaitu audo visual.

Sementara itu, Ketua panitia lomba I Made Regeg yang juga Ketua KLK, mengapresiasi semangat kerja kepada peserta dan juri, karena lomba secara virtual ini baru kali pertama. ”Masukan dan saran dari dewan juri akan disampaikan kepada pembina peraih juara I untuk penyempurnaan lomba di tingkat Provinsi Bali.” Sambungnya.

Kepala Dispusataka Karangasem, I Wayan Astika yang ikut menyaksikan langsung penilaian juri terhadap tayangan video, mengatakan, pihaknya berkomitmen membantu potensi-potensi Karangasem dibidang literasi, meskipun suasana masih pandemi Covid-19. “Sebentar lagi bulan September 2020, momen nasional “Hari Kunjung Perpustakaan”, akan digelar berbagai kegiatan literasi bekerjasama dengan KLK,” jelasnya.

Hadiah lomba bagi pemenang akan diserahkan langsung kepala Dispustaka Karangasem, I Wayan Astika, Senin, 29 Juni 2020 mendatang di dinas setempat.

Sukses SDN 5 Sibetan bidang bercerita, tak lepas dari binaan gurunya, I Gusti Lanang Suteja Narendra. Katanya Narendra, belum maksimal dapat membina I Komang Tangkas Hendra Dinata, disamping keterbatasan waktu, juga lomba kali ini sistem baru secara virtual. ”Terpaksa saya latih anak didik saya pagi sore dan memanfaatkan audio seadanya. Masukkan dari dewan juri akan menjadi tambahan atas kekurangannya,” jelasnya. (Pasek Antara/Dispustaka Kab.Karangasem)


Oleh : | 29 Juni 2020 | Dibaca : 44 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



140x140

Bupati
Karangasem
I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos, MAP

140x140

Wakil Bupati Karangasem
I Wayan Artha Dipa, SH, MH

PENGADUAN
Galeri
Banner
Kritik Saran

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...

ibu dani

2017-09-05 08:49:27

Pemeriksaan oleh SatpolPP

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Hits : 3734351

Pengunjung Online: 9