Baca Berita

Wabup Artha Dipa Ingatkan PMI Disiplin Jalani Masa Karantina

Oleh : | 27 April 2020 | Dibaca : 48 Pengunjung

Ratusan pekerja migran asal Karangasem telah tiba di Bali. Setelah melalui beberapa tes sesuai protokol kesehatan penanganan Covid-19, jika dinyatakan hasil rapid tes negatif, maka PMI akan dipulangkan dan melanjutkan karantina di daerahnya masing-masing.

Di Karangasem, Pemerintah Daerah melalui Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 , telah menyiapkan beberapa hotel berbintang sebagai lokasi karantina PMI asal Karangasem. Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa selaku Wakil Ketua Satgas , selalu menyempatkan waktunya untuk menjenguk PMI yang di Karantina di beberapa hotel. Hal ini Ia lakukan sebagai bentuk tanggungjawab sekaligus memberikan motivasi kepada para PMI agar tetap disiplin menjalani masa karantina.

Setelah sebelumnya mengunjungi para PMI di Hotel Nirwana, Hotel Ramayanan, Hotel Puri Bagus, Villa Taman Surgawi Ujung dan Hotel Bali Seascape,pada Senin (27/4/2020) Wabup Artha Dipa juga mengunjungi 45 orang PMI di Hotel Candi Beach Cottage.

Artha Dipa mengatakan, kedisiplinan dalam mengikuti arahan pemerintah sangat penting untuk bersama memutus penyebaran Covid-19. Dengan penjagaan yang ketat melibatkan berbagai unsur keamanan, PMI diharapkan lebih disiplin dan bertanggung jawab mengikuti karantina di hotel yang telah disediakan.

Ia berharap kedisiplinan PMI yang sudah baik saat ini wajib dipertahankan, hingga masa karantina usai. Selain itu, pihaknya juga berharap seluruh PMI yang dikarantina dinyatakan sehat, dan dapat kembali bertemu dengan keluarga. “Kami berharap semuanya sehat dan dapat segera bertemu dengan keluarga di rumah,” kata Artha Dipa.

Mengenai beberapa fasilitas yang tidak bisa digunakan, misalnya kolam berenang , hal ini dikarenakan dana yang pemerintah miliki hanya bisa digunakan secukupnya.

“Masih banyak saudara kita para PMI lainya masih ada di luar sana. Ketika mereka pulang, Pemerintah berkewajiban mencarikan lokasi karantina lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Widyasari menyampaikan beberapa hal terkait dengan tata laksana di bidang kesehatan untuk penanganan pencegahan penyebaran pandemi Covid-19. PMI yang dikarantina di hotel ini, wajib disiplin untuk menggunakan masker yang telah disiapkan. PMI juga wajib selalu mencuci tangan di wastapel yang sudah disiapkan oleh pihak hotel atau menggunakan handzanitiser.

“Widyasari menyebut, menurut WHO, virus corona dapat menyebar melalui tetesan atau percikan (droplet) kecil dari hidung atau mulut ketika seseorang yang terinfeksi virus ini bersin atau batuk.

Tetesan itu kemudian mendarat di sebuah benda atau permukaan yang lalu disentuh dan orang sehat tersebut menyentuh mata, hidung atau mulut mereka. Virus corona juga bisa menyebar ketika tetesan kecil itu dihirup oleh seseorang ketika berdekatan dengan yang terinfeksi corona.

Gejala COVID-19 yang paling umum adalah demam, kelelahan, dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Gejala-gejala ini bersifat ringan dan terjadi secara bertahap.

“Jangan lupa tetap jaga jarak 1 meter dan lebih baik memakai masker wajah ketika ada di keramaian. Karena kita tidak tahu apakah saat ini kita benar-benar sehat,atau virusnya sedang bersembunyi di salah satu tubuh kita," katanya.

Menurut dia, cara paling efektif untuk terhindar dari virus ini adalah mengupayakan kebiasaan tidak menyentuh wajah serta sering mencuci tangan, baik untuk orang sehat maupun sakit.
Cuci tangan ampuh mencegah penularan Covid-19 sebab virus akan mati ketika berhadapan dengan sabun karena mengandung lemak dan hancur kalau bertemu dengan sabun. Selain itu, setelah cuci tangan dengan sabun dan air mengalir kemudian membersihkan permukaan dalam tangan, sela-sela jari, pinggir jari, hingga ujung kuku minimal selama 20 detik.

“Mudah-mudahan dari bapak ibu atau adik-adik ini tidak terkena gejala. Apabila ada gejala pilek batuk demam panas atau sesak nafas agar segera menghubungi petugas kesehatan yang ada di sini,” imbuhnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Karangasem juga memberikan vitamin ke sejumlah PMI. Setelah itu Wabup Artha Dipa meninjau SKB Jasri yang akan digunakan untuk PMI yang belum datang. Wabup mengecek kesiapan dan fasilitas yang ada, apakah sudah layak atau belum. (Humas Karangasem)


Oleh : | 27 April 2020 | Dibaca : 48 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



140x140

Bupati
Karangasem
I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos, MAP

140x140

Wakil Bupati Karangasem
I Wayan Artha Dipa, SH, MH

PENGADUAN
Galeri
Banner
Kritik Saran

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...

ibu dani

2017-09-05 08:49:27

Pemeriksaan oleh SatpolPP

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Hits : 3652028

Pengunjung Online: 15