Baca Berita

“KARANGASEM JANI” SAMBUT BULAN BAHASA BALI

Oleh : | 14 Februari 2020 | Dibaca : 48 Pengunjung

“Karangasem Jani” (Karangasem Kini), menjadi program kegiatan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Kabupaten Karangasem, bekerjasama dengan Komunitas Literasi Karangasem (KLK) mengisi perayaan Bulan Bahasa Bali 2020 di Karangasem.

Implementasi “Karangasem Jani”, diawali bersinergi dengan para Penyuluh Bahasa Bali Karangasem, memberikan pemahaman pelestarian dan pengembangan nilai-nilai budaya dan sastra Bali terhadap seluruh staf pegawai dinas setempat, Kamis (13/2) di aula dinas setempat.

Hadir sebagai narasumber, Kepala Dispustaka, Drs. I Wayan Astika, MSi. Ketua KLK, Dr. I Made Regeg, SPd, MPd. dan perwakilan dari Penyuluh Bahasa Bali Kabupaten Karangasem, I Made Sudiantara, S.Pd.

Setelah pemberian materi nilai-nilai budaya sastra dan bahasa Bali dari narasumber,  dilanjutkan dengan pelatihan menulis aksara Bali melalui aplikasi HP android program “Patik Aksara Bali”, dipandu delapan orang Penyuluh Bahasa Bali dari Kecamatan se-Kabupaten Karangasem.

Hampir semua peserta pelatihan sangat senang praktek, utak-atik HP dipandu  instruktur dari Penyuluh Bahasa Bali, menemukan aksara Bali yang dikehendaki lanjut mengunggah di whats app grup Dispustaka.

Kepala Dispustaka Karangasem, Astika, mengatakan program “Karangasem Jani”, implementasinya, warga Karangasem kembali membangkitkan nilai-nilai budaya khusus bahasa dan sastra Bali yang nyaris tergusur oleh teknologi informasi komunikasi modernisasi masa kini.

“Saya memprogramkan setiap hari Kamis, bukan hanya pada bulan Bahasa Bali saja, juga seterusnya, selain berbahasa Bali, juga pegawai Dispustaka mengikuti pelatihan aksara dan bahasa Bali yang dilatih oleh Penyuluh Bahasa Bali Kabupaten Karangasem,” jelas Astika.

Diharapakan Astika, pihaknya di Perangkat Daerah Dispustaka, kedepan akan memasukkan kegiatan bahasa dan akasara Bali dalam dokumen pelaksanaa anggaran, karena kegiatan tersebut bagian dari program kegiatan meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat.

Sementara itu, Ketua KLK, Made Regeg, mengatakan, pelatihan aksara dan bahasa Bali di Dispustaka Karangasem adalah awal, kemudian pihak KLK akan bersinergi dengan masyarakat, lembaga, termasuk OPD lain di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karangasem menjalin kerjasama memberikan pelatihan bahasa dan aksara Bali, karena, lanjut Regeg, KLK bukan saja kegiatannya bahasa dan sastra Indonesia saja, juga bahasa, sastra dan aksara Bali dengan melibatkan anggota KLK dan Penyuluh Bahasa Bali.

Perwakilan Penyuluh Bahasa Bali Kabupaten Karangasem, Sudiantara, menyambut baik program “Karangasem Jani” ini. Dia berharap kepada peserta pelatihan, meskipun teknologi informasi sekarang ini telah melanda hampir semua lini kehidupan manusia, namun kita tidak termakan oleh teknologi tersebut, justru sebaliknya kita bisa memanfaatkan teknologi tersebut melestarikan bahasa dan aksara Bali melalui aplikasi android media sosial lainnya.

Pelatihan aksara dan bahasa Bali akan dilanjutkan hari/tanggal, Kamis, 27 Pebruari 2020 mendatang, setelah hari raya Galungan dan Kuningan. (Pasek Antara/Dispustaka Kab.Karangasem)


Oleh : | 14 Februari 2020 | Dibaca : 48 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



140x140

Bupati
Karangasem
I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos, MAP

140x140

Wakil Bupati Karangasem
I Wayan Artha Dipa, SH, MH

PENGADUAN
Galeri
Banner
Kritik Saran

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...

ibu dani

2017-09-05 08:49:27

Pemeriksaan oleh SatpolPP

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Hits : 3436712

Pengunjung Online: 5