Baca Berita

Bupati Mas Sumatri Salurkan Alsintan Kepada 17 Subak di Karangasem

Oleh : | 13 Juli 2019 | Dibaca : 107 Pengunjung

Penyerahan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) yang diserahkan secara langsung oleh Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri yang dilaksanakan di Kantor UPTD BPP Pertanian Jasri, Sabtu (13/7) yang didampingi Asisten II I Made Suama.
Kepala Dinas Pertanian, I Wayan Supandi,  menyampaikan, ada 17 subak di Kabupaten Karangasem menerima penyediaan Alsintan diantaranya, traktor 6 unit, cultivator 3 unit dan power threser 8 unit. Alain tersebut diatas akan diserahkan kepada Subak dan Kelompok Tani yang sudah masuk dalam Proposal Tahun 2018. Bantuan ini dengan sumber dana APBN Tahun 2019 yang pengadaannya dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian Pusat. 
Satu hal yang patut kita banggakan adalah berhasilnya salah seorang petani muda binaan Dinas Pertanian atas nama I Gede Arta asal desa PidPid menjadi juara petani muda tingkat Nasional. Dan dalam Peda KTNA tingkat Provinsi Bali tahun 2018 keluar sebagai juara pertama dalam lomba penyuluhan. Gede Arta bergerak di bidang agribisnis jamur tiram. 
Akibat dari sulitnya mencari tenaga kerja yang bcrgerak di sector penanian. pemerintah meluncurkan program penyediaan dan pengembangan sarana prasarana pertanian: yang salah satunya berupa pemberian bantuan alat mesin pertanian. Sebelumnya, banyak alsintan yang sudah diberikan kepada kelompok tani atau subak diantaranya : traktor. combine harvester. transplamer, power threser. handsprayer, corn seller, cultivator. 
Bupati Mas Sumatri mengatakan,pengadaan alat dan mesin pertanian ini dilakukan oleh Kementerian Pertanian. Sementara pihak kabupaten mempersiapkan kelompok. mendistribusikan dan selanjutnya melaksanaan pemantauan dan pembinaan. 
Penyerahan inj merupakan dari swasembada pangan  saat ini sektor pertanian adalah salah satu sektor yang mempengaruhi pembangunan nasional. Pembangunan sektor pertanian menjadi sesuatu yang penting dan strategis. Pembangunan pertanian telah memberikan sumbangan besar dalam pembangunan nasional. Belajar dari pengalaman masa lalu dan kondisi yang dihadapi saat ini, sudah selayaknya sektor pertanian menjadi sektor unggulan dalam menyusun strategi pembangunan nasional. Diharapkan juga dengan diberikan  traktor roda dua ini bisa memperbaiki dan memberikan pembenahan insfratruktur pertanian guna meningkatkan hasil pertanian di Kabupaten Karangasem.
Penyerahan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan petani dalam meningkatkan produksi dalam kuantitas maupun kwalitas secara lebih efektif dan efesien .juga mempercepat pengolahan tanah, bisa tanam serempak, pengolahan tanah menjadi lebih baik  sempurna ,serta meningkatkan hasil pertanian  dan swasembada pangan.
Bupati Mas Sumatri juga menghimbau kepada para penerima Alsintan ini, agar  bisa dimanfaatkan dan digunakan dengan secara baik. (Humas Karangasem)


Oleh : | 13 Juli 2019 | Dibaca : 107 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



140x140

Bupati
Karangasem
I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos, MAP

140x140

Wakil Bupati Karangasem
I Wayan Artha Dipa, SH, MH

PENGADUAN
Galeri
Banner
Kritik Saran

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...

ibu dani

2017-09-05 08:49:27

Pemeriksaan oleh SatpolPP

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Hits : 3278749

Pengunjung Online: 8