Baca Berita

Wujudkan Keterbukaan Informasi, Diskominfo Karangasem Gelar Pelatihan PPID

Oleh : | 15 April 2019 | Dibaca : 49 Pengunjung

Kesiapan pemerintah dalam penyediaan informasi yang dibutuhkan masyarakat harus didukung dengan SDM yang profesional dalam melayani derasnya permintaan informasi, hal ini disampaikan Wakil Bupati Karangasem Artha Dipa saat membuka acara pelatihan Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di Aula Diskominfo Karangasem, Senin (15/3/2019).
Dalam pelatihan yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karangasem ini, Wabup Artha Dipa menjelaskan bahwa sesuai UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, instansi wajib menyediakan informasi secara transparan, namun harus bisa memfilter informasi apa yg transparan dan apa yang dirahasiakan.
"Bagi OPD yang belum membentuk PPID untuk segera membentuk PPID dan melakukan koordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Karangasem untuk menetapkan daftar informasi publik, agar keterbukaan informasi publik di Kabupaten Karangasem dapat terwujud dengan baik", tegas Artha Dipa.
Sementara itu, Plt Kadis Kominfo Kabupaten Karangasem Priagung Duarsa selaku panitia penyelenggara melaporkan bahwa Pelatihan ini lebih menekankan pada pendalaman materi tentang penyusunan daftar informasi publik (DIP), daftar informasi dikecualikan (DIK) serta berdiskusi lebih intens antara petugas PPID dan narasumber untuk mencari solusi terkait permasalahan serta kendala dalam penyediaan dan pengelolaan informasi publik.
Priagung Duarsa menambahkan, dengan berpegangan pada DIP dan DIK, maka dapat mempermudah petugas PPID dalam melayani permohonan informasi.
"Melalui pelatihan ini, kami harap agar PPID yang ada dimasing-masing OPD dapat memahami sistem pengelolaan informasi dan dokumentasi serta meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi dan dokumentasi di pemerintahan daerah untuk menghasilkan layanan informasi dan dokumentasi yang berkualitas", tambahnya.
Acara pelatihan diisi narasumber dari Diskominfotik Provinsi Bali dan Komisi Informasi Provinsi Bali, diikuti peserta dari seluruh OPD di Kabupaten Karangasem. (Diskominfo Karangasem)


Oleh : | 15 April 2019 | Dibaca : 49 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



140x140

Bupati
Karangasem
I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos, MAP

140x140

Wakil Bupati Karangasem
I Wayan Artha Dipa, SH, MH

Galeri
Banner
Kritik Saran

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...

ibu dani

2017-09-05 08:49:27

Pemeriksaan oleh SatpolPP

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Hits : 2928865

Pengunjung Online: 3