Baca Berita

TUMBUHKAN MINAT BACA, DISPUSTAKA GELAR HARI KUNJUNG PERPUSTAKAAN DAN BULAN GEMAR MEMBACA

Oleh : | 05 Oktober 2018 | Dibaca : 47 Pengunjung

Upaya terus menumbuhkan minat baca masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Karangasem, gelar kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca selama dua hari. Diawali, Rabu-Kamis (3-4/10/2018) di aula Diskominfo Karangasem. 
Kegiatan disasar 100 orang dari unsur Kepala Desa, pengelola perpustakaan dan pelajar tingkat SD/SMP/SMA sederajat di Karangasem.
Dibuka Bupati Karangasem yang diwakili Staf Ahli Bidang SDM, Priagung Duarsa dan duhadiri Kepala Dispustaka Karangasem, I Komang Daging, 
Peserta mendapatkankan pembekalan terkait dengan meningkatkan minat baca dari narasumber Pustakawan Dispustaka Karangasem, I Komang Pasek Antara dan penulis juga sastrawan Gede Aries Pirdawan.
Khusus terkait meningkatkan minat baca pada masyarakat di pedesaan saat itu juga Coca Cola Foundation Indonesia melalui program Perpuseru memberikan bantuan masing-masing dua paket komputer kepada dua Desa yakni Perbekel Desa Nyuh Tebel, Kecamatan Manggis dan Perbekel Abang, Kecamatan Abang. Komputer diserahkan Bupati Karangasem yang diwakili Staf Ahli Bidang SDM, Priagung Duarsa kepada Perbekel Nyuh Tebel, I Ketut Mudra dan Perbekel Abang, I Nyoman Sutirtayana.
Kepala Dispustaka Karangasem, I Komang Daging menjelaskan, bantuan komputer dipergunakan sarana peningkatan layanan Perpustakaan Desa agar masyarakat banyak mendapat pilihan informasi tentang bahan bacaan buku yang dubutuhkan dan informasi lainnya.
Bupati Karangasem mengatakan dalam sambutannya yang dibacakan staf ahli SDM Priagung Duarsa, bahwa salahsatu gemar membaca dapat memperluas imajinasi yang memberikan arti seseorang yang rajin membaca dapat membuka imajinasinya untuk ditransformasi ke pihak lain menjadi seorang penulis dan penutur yang baik.
Sementara itu narasumber, I Komang Pasek Antara mengatakan dalam paparannya, era kekinian perpustakaan bukan saja hanya tempat meminjam dan membaca buku saja,  inovasinya perpustakaan sebagai media pendidikan dalam arti luas dan pemberdayaan masyarakat. Artinya, lanjut Pasek Antara, jadikanlah bagian ruangan perpustakaan tempat kreativitas para siswa dan masyarakat untuk diskusi dan belajar untuk kubutuhan pendidikan, ekonomi dan lainnya dengan memanfaatkan koleksi perpustakaan sebgai rujukan.
Sedangkan narasumber, Gede Aries Pirdawan, mengatakan, salahsatu strategi menumbuhkan minat baca, hendaknya membaca jangan menunggu waktu luang, tetapi luangkan waktu untuk membaca. Lanjut Aries, mulailah membaca apa yang disenangi yang menyangkut dengan diri anda sendiri, lama kelamaan akan ketagihan membaca.
Sebelum acara dimulai, peserta memanfaatkan layanan unit Mobil Perpustakaan Keliling yang disiapkan oleh Dispustaka Krangasem. Acara diakhiri dengan kunjungan ke Perpustakaan Karangasem dan pembagian door prize.
Kamis (4/10/2018) dilanjutkan kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca. Sasaran 50 orang siswa SD, SMP/MTs dan pengelola perpustakaan SD, SMP/MTs.
      Disela pembekalan tentang minat baca ditampilkan pementasan ceritera rakyat dan baca puisi bahasa Indonesia hasil lomba yang diselenggarakan Dispustaka Karangasem 2018. Penyelenggaraan lomba tersebut oleh Kepala Dispustaka Karangasem, I Komang Daging dikatakan sebagai upaya promosi perpustakaan
Cerit rakyat  dibawakan oleh I Wayan Eka Mahesa Mantra, siswa SDN 5 Sibetan, Kecamtan Bebandem. Eka Mahesa juara I lomba bercerita tingkat SD/MI se-Kabupaten Karangasem dan juara III tingkat Provinsi Bali 2018 di Denpasar.
Pementasan baca puisi bahasa Indonesia dibawakan oleh Ni Made Dipatamayanti, siswi SMKN 1 Amlapura. Waktu lomba dia mewakili sekolahnya SMPN 2 Bebandem, Kecamatan Bebandem. Ia meraih juara I lomba baca puisi bahasa Indonesia tingkat SMP/MTS se-Kabupaten Karangasem. (Pasek Antara)


Oleh : | 05 Oktober 2018 | Dibaca : 47 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



140x140

Bupati
Karangasem
I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos, MAP

140x140

Wakil Bupati Karangasem
I Wayan Artha Dipa, SH, MH

Galeri
Banner
Kritik Saran

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...

ibu dani

2017-09-05 08:49:27

Pemeriksaan oleh SatpolPP

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Hits : 2683796

Pengunjung Online: 3