Baca Berita

BUPATI MAS SUMATRI BERSAMA JCI SELENGGARAKAN BERSIH BERSIH PANTAI

Oleh : | 03 Mei 2018 | Dibaca : 90 Pengunjung

Dalam rangka menyambut Word Cleaning Day, Pemerintah Kabupaten Karangasem yang bersinergi dengan Junior Chamber International (JCI) Karangasem menyelenggarakan bersih bersih pantai, kegiatan yang di hadiri langsung Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dan juga sekretaris Daerah I Gede Adnya Mulyadi, kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Karangasem tersebut dihadiri pula perwakilan dari 5 Negara lain diantaranya Australia, Jepang, Mongolia, Singapura dan juga Indonesia, di Pantai Jasri, Karangasem, Kamis (3/5).

Zulfikar Friatna 2018 nasional presiden JCI indonesia, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut serta menyukseskan kegiatan ini. “Pada prinsipnya kita mempunyai tanggung jawab untuk menjaga lingkungan, karena kita akan mewariskan semuanya ke anak kita nanti. JCI sangat fokus untuk melakukan kegiatan ini untuk kesejahteraan semuanya, dan saya ucapkan trimakasih untuk semuanya,  selamat bekerja”, katanya.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam sambutannya mengatakan, menangani sampah memang persoalan yang tidak mudah, semakin meningkatnya jumlah penduduk dibarengi semakin tingginya tingkat konsumsi tidak sebanding dengan ketersediaan TPA (Tempat Pemrosesan Akhir) terbatasnya fasilitas pendukung pengelolaan sampah, serta konsep pengelolaan sampah yang masih konvensional, hingga sampai kepada masalah sosial yang ditimbulkan dari sampah (seperti bau yang menyengat, air limbah sampah yang mencemari sungai dan pantai, terganggunya kesehatan, sena rendahnya keaktifan masyarakat untuk mematuhi ketentuan pembuangan sampah).

Dikatakan Mas Sumatri lebih lanjut, salah satu pilar pelaksanaan tata kepemerintahan yang baik (good govemance) adalah komitmen pada lingkungan hidup, yang berarti diperlukan penanganan pengelolaan sampah yang tetap berasaskan pada pelestarian Iingkungan hidup, serta dampak negatif yang ditimbulkannya terhadap lingkungan hidup diupayakan seminimal mungkin. 

Menurut Mas Sumatri, Kabupaten Karangasem sebenarnya telah berupaya untuk melakukan pengelolaan sampah dengan melaksanakan gerakan jumat bersih dan memberdayakan KSM (Kekompok Swadaya Masyarakat) sampai ketingkat Desa, bahkan Pemerintah Kabupaten Karangasem sudah melakukan pengelolaan sampah sampai ke tingkat Desa dengan memaksimalkan Kendaraan/Mobil Beroda Tiga sejumlah 64 unit dengan harapan Desa dapat mengelola sampahnya dengan baik dan benar. Untuk kedepannya semua Desa akan diberikan kendaraan/mobil beroda tiga sehingga sampahnya bisa dikelola dari sumbernya, hal ini dilakukan agar TPA yang kita miliki tidak cepat penuh. 

“Selanjutnya, diharapkan masyarakat melakukan pengomposan sampah pada rumah tangga, membentuk Bank Sampah disetiap banjar dan membangun TPST (Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu) 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) disetiap kawasan/Desa”, tambahnya.

Dilanjutkan Mas Sumatri, dengan terbentuknya KSM diharapkan dapat mengurangi timbulan sampah disumbernya, dengan adanya Bank Sampah diharapkan dapat merubah mindset masyarakat bahwa sampah tersebut dapat bernilai ekonomis, dengan terbentuknya TPST pengelolaan sampah berbasis kawasan mampu mengeloia sampahnya secara mandiri, sehingga secara perlahan TPA akan dapat berfungsi menampung sampah residu saja. 

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena hadirin semua adalah duta-duta pemerhati lingkungan yang dapat menduplikasikan program-program Pemerintah ke masyarakat khususnya pengelolaan persampahan. Sekali lagi kami tekankan dan himbau pada seluruh masyarakat khususnya yang hadir pada kesempatan ini dan seluruh masyarakat Kabupaten Karangasem pada umumnya, mari kita jaga alam ini untuk kita siapkan bagi generasi penerus kita. Karena pengelolaan persampahan yang baik dan benar akan dapat menciptakan Iingkungan yang sehat dan bersih dan melahirkan generasi yang sehat dan cerdas”, pungkasnya.

Rochelle borton 2018 wakil presiden JCI internadional Asia Pasifik mengatakan, sebagai wakil dari presiden JCI asia pasifik, dirinya percaya seluruh dunia bekerja sama untuk memberikan yang terbaik bagi lingkungan dan masyarakatnya dimana membersihkan lingkungan akan memberikan dampak yang positif. (MC Karangasem)

 


Oleh : | 03 Mei 2018 | Dibaca : 90 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



140x140

Bupati
Karangasem
I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos, MAP

140x140

Wakil Bupati Karangasem
I Wayan Artha Dipa, SH, MH

Galeri
Banner
Kritik Saran

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...

ibu dani

2017-09-05 08:49:27

Pemeriksaan oleh SatpolPP

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Hits : 2559379

Pengunjung Online: 3