Baca Berita

Desa Bugbug Wakili Karangasem Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun 2018

Oleh : | 26 Maret 2018 | Dibaca : 223 Pengunjung

Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem terpilih mewakili Kabupaten Karangasem dalam lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun 2018. Acara penilaian lomba Desa, Desa Bugbug dihadiri langsung oleh Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri, di Wantilan Sekretariat Desa Bugbug, Senin (26/3).

Perbekel Desa Bugbug I Gede Suteja dalam laporannya memaparkan, Pemerintah Desa Bugbug adalah salah satu Desa Tua di Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem yang telah menjalankan Roda Pemerintahan Desa sejak kurang lebih 58 tahun silam. Pada tahun 1990 Desa Bugbug dimekarkan menjadi 2 (dua) Desa Pemerintahan yaitu Pemerintah Desa Bugbug dan Pemerintah Desa Pertima. Pemerintah Desa Bugbug terdiri dari satu Desa Adat; sedangkan Pemerintah Desa Pertima terdiri dari tiga Desa Adat.

Selama ini Pemerintah Desa Bugbug telah bersinergi dengan Desa Adat baik dalam pelaksanaan pembangunan Desa maupun pengembangan sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Bugbug. Kiat kiat dilakukan untuk meningkatkan kinerja Pemerintah Desa diantaranya memberikan layanan informasi pelayanan 24 jam melalui website desa dan media sosial lainnya.

Suteja juga menyebutkan beberapa keberhasilan pembangunan Desa, partisipasi masyarakat Bugbug terhadap pembangunan Desa, lembaga kemasyarakatan yang ada, kegiatan khusus Tim Penggerak PKK, keamanan dan ketertiban Desa, pendidikan, kesehatan, pembangunan ekonomi hingga upaya-upaya penanggulangan kemiskinan.

Ia menambahkan, dengan adanya Perlombaan Desa Tingkat Provinsi Bali, Pemerintahan Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem Kabupaten Karangasem akan menjadikan momen ini sebagai pembelajaran untuk iebih meningkatkan kinerja bersama -sama lembaga kemasyarakatan dan masyarakat membenahi di segala bidang pembangunan. Sehingga ke depan mudah -mudahan Desa Bugbug bisa menjadi Desa maju, dan mampu mewujudkan masyarakatnya sejahtera.

"Menjadi juara dalam penilaian adalah merupakan impian kami, namun demikian harapan kami kunjungan Tim Penilai dalam evaluasi ini memperoleh kesan positif tentang perkembangan Desa Bugbug. Semoga di masa yang akan datang kami dapat memberpaiki dan melengkapi segala kekurangan kekurangan yang menjadi temuan Tim Penilai selama pelaksanaan Lomba berlangsung. Sebagai bahan untuk penilaian, saya sampaikan data -data sebagai gambaran umum, Desa Bugbug seperti profil Desa, yang memuat semua potensi dan perkembangan Desa," terangnya.

Sementara itu, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada Tim Penilaian Perlombaan Desa Provinsi Bali. Segala masukan dan saran sangat diperlukan dalam meningkatkan Manajemen Pengelolaan Desa. Dengan semakin meningkat dan kompleksnya permasalahan yang dihadapi khususnya di tingkat Desa, Desa dituntut agar meningkatkan kemampuan dalam hal perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian yang dilandasi oleh disiplin dan rasa tanggung jawab serta semangat pengabdian yang tinggi dalam penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan sehingga persoalan kemiskinan yang masih menjadi isu utama dalam pembangunan sosial ekonomi di Kabupaten Karangasem dapat dipecahkan.

"Pada kesempatan ini saya tekankan kepada Saudara Perbekel Bugbug beserta perangkatnya

bahwa kegiatan ini menjadi sumber inspirasi dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan jadilah motor penggerak untuk mengakomodir aspirasi masyarakat dalam memberikan pelayanan yang adil, obyektif dan cermat," ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bali Ketut Lihadnyana mengatakan, tujuan perlombaan desa sesungguhnya untuk mengevaluasi tingkat perkembangan masyarakat. Selain itu juga untuk mendorong penguatan peran lembaga pemerintahan dan kemasyarakatan. Memberi penghargaan dan apresiasi kepada masyarakat kelurahan atas prestasi yang telah diraih dalam proses pemerintahan dan partisipasi dalam pembangunan serta inovasiinovasi yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu dalam perlombaan desa tahun ini, akan dilakukan penilaian/evaluasi terhadap keberhasilan pembangunan yang terdiri dari 3 (tiga) bidang meliputi 19 aspek. Diantaranya, Bidang Pemerintahan mencangkup aspek: pemerintahan kelurahan,

kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat, desa berbasis teknologi informasi/E-Government serta kelestarian adat dan budaya. Bidang Kewilayahan meliputi aspek, identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana dan pengaturan investasi. Bidang Kemasyarakatan meliputi aspek,partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat, sebagaimana tertuang dalam data perkembangan profil desa 2 (dua) Tahun terakhir yaitu Tahun 2016 dan Tahun 2017. Untuk tim penilai dari Provinsi Bali yang diturunkan, berjumlah 10 orang dengan ketua tim penilai Made Redi Juliarmawan.

Kegiatan perlombaan ini jangan sampai menjadi beban, akan tetapi lebih dimaknai sebagai langkah konkrit untuk mengadakan perbaikan-perbaikan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu Ia meminta kepada tim pembina/penilai agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, menilai dengan seobyektif mungkin. Kepada Tim Pendamping, juga diharapkan bisa memfasilitasi Tim Penilai serta memberikan informasi data selengkapnya karena hasil atau kinerja. Tim penilai Juga sangat ditentukan oleh ketersediaan dan obyektititas data yang diberikan.

"Semoga melalui perlombaan desa ini akan mampu membangkitkan kesadaran masyarakat kita untuk senantiasa memelihara rasa kebersamaan atas dasar suka cita demi tercapainya tujuan Bali Mandara yaitu Bali yang Maju, Aman, Damai dan Sejahtera," ucapnya.

 

Acara ditutup dengan Peninjauan dan Penyerahan Rencana Kerja Pemerintah Desa Bugbug tahun 2016 dan Profil desa Bugbug 2016-2017. (Humas Karangasem)


Oleh : | 26 Maret 2018 | Dibaca : 223 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



140x140

Bupati
Karangasem
I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos, MAP

140x140

Wakil Bupati Karangasem
I Wayan Artha Dipa, SH, MH

Galeri
Banner
Kritik Saran

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...

ibu dani

2017-09-05 08:49:27

Pemeriksaan oleh SatpolPP

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Hits : 2683857

Pengunjung Online: 4