Baca Berita

Bupati Mas Sumatri Serahkan Mobil Pintar Puskling

Oleh : | 10 Februari 2018 | Dibaca : 195 Pengunjung

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri menyerahkan bantuan mobil pintar perpustakaan keliling yang disinkrunkan dengan penyerahan kartu karangasem pintar (KKP), buku tabungan SD dan SMP penyerahan HT sebanyak 140 buah dari BNPB Kab. Karangasem kepada Pasebaya, di Wantilan Kantor Bupati Karangasem, Sabtu (10/2/2018).

Acara yang bertema "Perpustakaan Zaman Now Menjadikan Kita Pintar" diawali dengan penyerahan mobil pintar perpustakaan keliling oleh DPR RI Putu Supatma Rudana Fraksi Demokrat Anggota Lomisi X DPR RI bersama Kepala Perpustakaan Nasional RI diwakil oleh Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Drs. Deni Kurniadi, M,Hum kepada Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri yang didampingi Sekda Kab. Karangasem I Gede Adnya Mulyadi lalu diserahkan untuk dipergunakan semestinya kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah. Dihadiri juga oleh Kadis Pendidikan Pemuda dam Olahraga, Kpala OPD terkait dan para undangan guru beserta murid.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah I Lomang Daging melaporkan, dasar pelaksanaan kegiatan ini mengacu pada pembukaan UUD 1945 dan UUD RI nomor 43 tahun 2017 tentang perpustakaan. Tujuan acara penyerahaan mobil perpustakaan keliling atau yang kerap diberi nama mobil puskling salah satu sarana perpustakaan mobile yang sangat strategis , dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain sebagai upaya jemput bola langsung ke tengah-tengah masyarakat.

Komang Daging mengatakan, dibandingkan dengan dulu di era teknologi dan informasi ,sekarang ini mobil puskling lebih lengkap. Selain berisi ragam buku dari anak-anak hingga dewasa, juga dilengkapi sarana teknologi informasi berupa laptop, televisi dan sound system.

Saat ini sarana perpustakaan di Kab. Karangasem masih sangat terbatas. Kehadiran mobil puskling di Kab. Karangasen sebagai sebuah alternatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan bahan bacaan untuk mencerdaskan dirinya.

Tujuan dari pemberian bantuan mobil puskling diharapkan mampu secara rutin mengunjungi masyarakat di seluruh pelosok wilayah Kab. Karangasem. Sehingga perlahan minat baca masyarakat meningkat , mengingat tingkat baca penduduk Indonesia sangat rendah.

"Mobil layanan perpustakaan yang sekarang dapat dimanfaatkan untuk operasional layanan, berjumlah 4 unit. Terdiri dari 2 unit mobil pintar bantuan solidaritas istri Kabinet Indonesia Bersatu dan 2 unit mobil puskling bantuan perpustakaan Nasional termasuk diantaranya 1 unit mobil puskling yang diserah terimakan sekarang," terangnya.

Bupati Karangasem Mas Sumatri dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pihak perpustakaan Nasional Republik Indoneaia telah mempercayakan Kabupaten Karangasem untuk menerima bantuan berupa sarana 1 unit mobil perpustakaan keliling.

"Bagi kami, mobil puskling seperti ini sangat strategis dibutuhkan sekali, karena sarana media perpustakaan yang kami miliki belum memadai dan sangat terbatas sekali jika dibandingkan dengan kondisi geografis wilayah kami di Kabupaten Karangasem yang berada di ujung timur Pulau Bali," ujarnya.

Ia menambahkan, pemberian bantuan mobil puskling kepada Kab. Karangasen seperti yang disampaikan Kepala Perpustakaan Nasional, sejalan dengan visi misi Pemerintah Kab. Karangasem yaitu menuju Karangasem Cerdas, Bersih dan Bermartabat, berlandaskan Tri Hita Karana. Salah satu misi yang relevan dengan bantuan mobil puskling ini adalah dengan membentuk sumber daya manusia yang cerdas sehat bermartabat dan unggul melalui pencapaian wajib belahar 9 tahun serta pelayanan kesehatan yang terjangkau, murah, ramah, paripurna.

Perpustakaan zaman now seperti halnya perpustakaan ini, merupakan satu -satunya yang dimiliki Pemkab Karangasem. Masyarakat akan dimudahkan mengakses berbagai informasi karena puskling telah dilengkapi beberapa sarana teknologi informasi komputer untuk mengakses internet gratis.

"Melalui kesempatan ini, saya menghimbau kepada sekolah atau madrasah agar mengacu undang-undang 43 tahun 2017 tentang perpustakaan agar mengalokasikan dana paling sedikit 5% dari anggaran belanja operasional sekolah atau belanja barang di luar belanja pegawai dan belanja modal untuk pengembangan perpustakaan," tegasnya.

Sementara itu, untuk para pasebaya yang sudah diberikan bantuan berupa HT, Mas Sumatri berharap agar bisa dimanfaatkan secara efektif dan jangan dipakai untuk kegiatan yang tidak bermanfaat.

Supatma Rudana, Komisi X DPR RI dalam kesempatannya juga menyampaikan rasa syukurnya duduk di komisi X. Karena komisi X sangat dekat dengan Bali, sehingga bisa memperjuangkan kepentingan masyrakat Bali, diantaranya seperti sekarang adalah memberikan bantuan mobil perpustakaan keliling.

Disamping itu, Karangasem memiliki tantangan kondisi masyarakat Karangasem seperti sekarang ini dan kehadirannya ke Karangasem adalah untuk menjembatani ke pemerintah Pusat dalam membantu Karangasem. Ke depan juga akan direncanakan menghadirkan safari gemar membaca dan melalui Kementerian Pendidikan, Komisi X juga akan menjembatani masalah beasiswa siswa ke Kabupaten Karangasem.

"Saya sudah membuat formulir , tinggal mengisi keterangan dalam formulir dan tinggal mencairkan beasiswanya. Saya alokasikan setengah dari anggaran Pusat untuk Kabupaten Karangasem. Saya komit program yang diberikan oleh pusat saya arahkan setengah untuk Kab. Karangasem, " imbuhnya.

Ia juga berharap, kedepannya di Kab. Karangasem ada festival yang presentatif,semoga pestival ini bisa berjalan 2019-2020 di Kab. Karangasem. Hal ini bisa membuat ekonomi Karangasem terangkat kembali melalui pariwisata. Disamping itu, Rudana juga berharap bencana Gunung Agung menjadi berkah untuk kedepannya bagi masyarakat Karangasem.

"Semoga Kabupaten Karangasem nantinya bisa menghilangkan cap Kabupaten termiskin. Saya di Komisi X bersama seluruh staf DPRD di Komisi X berjanji akan mendorong bantuan Pusat ke Karangasem. Agar nantinya Karangasem bisa dijadikan daerah wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing," lanjutnya.

Kepala Perpustakaan Nasional yang diwakili oleh Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Deni Kurniadi, juga menegaskan kegiatan ini merupakan komitmen yang sungguh -sungguh dari pemerintah Pusat untuk mencerdaskan masyarakat.

Diharapkan, setiap Kecamatan mendapatkan 1 mobil keliling. Jika Kabuaptem Karangasem memiliki 8 Kecamatan, maka akan ada 8 mobil keliling. Program ini diharapkan memacu Kab. Karangasem untuk menjalankan program yang lainnya dalam mensejahteraan masyarakatnya.

Deni Kurniadi menyebutkan bahwa di dalam mobil keliling terdapat 800 exsemplar buku bacaan dan pasilitas teknologi lainnya.

 

Untuk itu, Pemkab Karangasem harus bisa meningkatkan kinerja Dinas Perpustakaan di daerahnya. Dan semoha program ini bisa bermanfaat bagi masyarakat luas, khususnya di Kab. Karangasem. (Humas karangasem)


Oleh : | 10 Februari 2018 | Dibaca : 195 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



140x140

Bupati
Karangasem
I Gusti Ayu Mas Sumatri, S.Sos, MAP

140x140

Wakil Bupati Karangasem
I Wayan Artha Dipa, SH, MH

Galeri
Banner
Kritik Saran

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...

ibu dani

2017-09-05 08:49:27

Pemeriksaan oleh SatpolPP

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Hits : 2589152

Pengunjung Online: 6