Baca Artikel

Google Allo dan Duo, Aplikasi Canggih Pesaing Whatsapp

Oleh : | 02 Juli 2019 | Dibaca : 96 Pengunjung

Oleh : Leoni Wahyu Saputri, S.Kom

Sejak ada smartphone, aplikasi chatting langsung menggeser fungsi SMS. Masih ingat bagaimana dulu BBM menjadi aplikasi chatting populer yang kemudian disusul oleh Line dan WhatsApp. Aplikasi chatting secara perlahan membuat orang tidak lagi menggunakan SMS.

Hingga kini masih banyak juga apliaksi chatting bermunculan membawa terobosan baru namun WhatsApp menjadi aplikasi chatting favorit karena simpel dan gratis, serta bebas dari iklan. Kini telah muncul aplikasi baru kekinian yang mungkin akan menggeser keberadaan whatsapp yaitu Google Allo dan Google Duo.

 

Google Allo

Saat pertama kali diperkenalkan oleh Google, aplikasi chatting Google Allo langsung menarik perhatian banyak pihak karena banyaknya anggapan bahwa aplikasi ini dipersiapkan untuk menyaingi WhatsApp dan Facebook Messenger. Berikut kelebihan Google Allo

  1. Google Assistant: Google Allo adalah aplikasi chatting yang cocok bagi orang yang aktif multi-tasking. Karena terintegrasi Google Assistant, dengan mudah bisa mencari informasi dan menjalankan perintah lain tanpa harus meninggalkan percakapan di Google Allo. Uniknya lagi, di Google Allo kita bahkan bisa mengajak ngobrol Google secara langsung.
  2.  Smart Reply : Fitur ini memungkinkan untuk membalas setiap pesan yang masuk tanpa harus mengetik apa pun. Dengan mempelajari kebiasaan kita dalam membalas pesan, secara otomatis Google Allo akan memunculkan opsi balasan jika ada pesan yang dinilai sama isinya.
  3. Whisper Shout : Sering bingung bagaimana mengungkapkan kalimat saat teriak atau berbisik di aplikasi chatting? Fitur Whisper Shout Google Allo jawabannya karena fitur ini memungkinkan membuat teks chatting menjadi super kecil sebagai tanda berbisik, dan membuat teks besar saat sedang teriak atau marah.
  4. Stickers : Tersedia ratusan Sticker yang bisa digunakan untuk mengekspresikan perasaan.
  5. Ink : Berkirim foto semakin seru jika bisa dicoret-coret dulu seperti di Snapchat. Nah, fitur Ink ini menyediakan editing foto sebelum dikirim.
  6. Incognito Mode : Tidak ingin mengesampingkan masalah keamanan, Google Allo dibekali dengan fitur Incognito Mode yang bisa digunakan untuk mengatur seberapa lama pesan akan muncul. Bukan itu saja, pesan yang dibuat Incognito akan terpisah notifikasinya.

 

Google Duo

Berbeda dengan Google Allo, Google Duo adalah aplikasi yang dikhususkan untuk video call dengan kualitas HD. Jadi, Google Allo tidak bisa digunakan untuk video call. Adapun kelebihan google duo sebagai berikut

  1. Knock Knock : Berbeda dengan Skype atau layanan video call lain, foto profile orang yang menghubungi kita tidak akan terlihat di Google Duo. Yang ditampilkan oleh Google Duo saat ada yang menghubungi adalah live preview dari orang yang menelepon.
  2. Simpel: Berbeda dengan aplikasi chatting seperti BBM dan Skype yang mengharuskan kita melakukan beberapa langkah sebelum video call, kita bisa dengan mudah menghubungi orang yang ingin diajak video call dengan Google Duo. Cepat dan efisien.
  3. Multi-Platform: Video call dengan mudah dapat dilakukan meskipun yang kita hubungi menggunakan perangkat iOS dan Android dengan Google Duo.
  4. Ukuran Kecil: Ukuran aplikasi yang kecil membuat proses instalasi Google Duo cepat dan mudah
  5. Privasi :Google Duo menawarkan panggilan video yang bersifat sangat pribadi. Sehingga orang-orang di Google tidak tahu apa yang kita bicarakan atau seperti apa penampilan kita saat menelepon. Google mengatakan hal ini karena ia memberikan enkripsi end to end dengan Duo.Jenis enkripsi ini adalah yang paling bisa diandalkan terkait privasi total ketika berkomunikasi online. Secara teknis, tidak ada yang bisa mencegat panggilan atau data pribadi kita selama panggilan. Bahkan pemerintah atau server Google Sekalipun.
  6. Kualitas Panggilan: Kualitas panggilan Google Duo dianggap terbaik. Hal tersebut lantaran Google Duo menyesuaikan kualitas video berdasarkan koneksi. Selain itu, kualitas panggilan video call Google Duo dianggap lebih jernih dan hampir sama seperti kualitas kamera telepon yang digunakan.
  7. Leave a Message: Google duo memungkinkan kita untuk meninggalkan pesan berupa video pendek jika panggilan video kita tidak diangkat.

 



Artikel Lainnya :

Lihat Arsip Artikel Lainnya :

 



Galeri
Banner
Kritik Saran

I Komang Karyana

2021-01-27 11:13:04

Area Blankspot

Selengkapnya...

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Pengunjung Hari Ini : 441

Total Pengunjung : 834962

Pengunjung Online: 4

Pengunjung Tahun 2018: 131224

Pengunjung Tahun 2019: 107326

Pengunjung Tahun 2020: 144390