Baca Artikel

Nilai Kepahlawanan Ada Di Tangan Generasi Muda

Oleh : karangasemkab | 05 Oktober 2011 | Dibaca : 1180 Pengunjung

Oleh: I Wayan Arthawa

 

Banyak nama-nama pahlawan dijadikan nama-nama jalandi pusat-pusat kota untuk mengenang jasa-jasa pahlawan kitadalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah,tugu-tugu terpancang dengan gagahnya merupakan salah satu kenangan salah satu ucapan terima kasih kita kepada para pahlawan yang gugur demi kemerdekaan bangsa dan Negara yang kita cintai.Untuk mengenang jasa para pahlawan penulis I Wayan Arthawa mengadakan wawancara tentang nilai kepahlawanan bagi generasi penerus bangsa.

Drs. Dw nyoman Rai seorang pendidik yang memberikan pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di beberapa SMA/SMK di Kab Karangasem juga memberikan kuliah di perguruan tinggi menuturkan, bahwa jasa-jasa para pahlawan patut dikenang, diandalkan dan diamankan. Para pahlawan rela mengorbankan nyawa, harta, keluargademi keselamatan bangsa dan negara. Kita yang mengenang jasa beliau sambil menikmati hidup, kehidupan di alam yang indah ini seperti beberapa nyanyian perjuangan setidaknya menjadi suatu kenangan untuk kita bisa memberikan perjuangan para pahlawan kita.”Nilai kepahlawanan ada pada tangan generasi muda selaku penerus bangsa. Nilai kepahlawanan merupakan suatubekal untuk melangkah lebih lanjut bagi generasi muda penerus bangsa, karena generasi muda sebagai pewaris untuk melestarikan ,mengamankan hasil paerjuangan para pahlawan. Tetapi selanjutnya sangat tergantung pada kekuatan mental, iman, takwa kita sediri termasuk generasi penerus bangsa itu sendiri. Dengan adanya pengaruh globalisasi jangan terlalu mudah diombang –ambingoleh suatu budaya luar yang bisa mengikis rasa persatuan dan kesatuan”. Tutur dw nyoman Rai.

Secara pribadi sebagai guru, Dw Nyoman Rai merasakan bahwa ada beberapa generasi muda sekarang tidak lagi mau tau tentang perjuangan para pahlawan dalam merebutkemerdekaan dan mewariskan kemerdekaan itu pada gerasi muda. Generasi muda sekarang telah berada pada jaman titik kebingungan mencari jati diri sebagai generasi penerus bangsa.Maulida seorang pelajar dan aktivis di SMK Saraswati Amlapura ikut memberikan opini tenntang kepahlawanan itu sendiri. Bagi dirinya sebagai generasi penerus dimana nilai kepahlawanan terletak di tangan generasi muda dimana pahlawan adalah sosok patriotisme, rela berkorban untuk nusa dan bangsadengan demikian dirinya merasa bisa menafaskan kehidupan dialam kemerdekaan ini karena jasa pahlawan itu sendiri. ”Setiap saat terjadi suatu benturan antar kelompok khususnya pada generasi muda saya selalu sedih dan selalu saya teringat pada para pahlawan. Apa roh para pahlawan di alam sana menyaksikan terjadinya suatu kekacauan itu sendiri, jangan-jangan mereka ikut sedih di alam sana “,ungkapnya dengan ekpresi kesedihan.

Baginya pemuda sebagai generasi penerus bangsa dimana kemerdekaan ini harus diselamatkan dan juga dipancangkan sekokoh-kokohnya di setiap hati sanubari dalam memberikan suatu pembangunandalam arti universal. ”Jaman sekarang generasi penerus atau pemuda merupakan juga paktor penentu bagi kemajuan suatu negaradimana pendidikan menjadi faktor penentu dan keharifanserta perjuangan dalam mengisi kemerdekaan ini”, ungkap Maulida.

Bagi Dewi Kristinayanti mahasiswi keguruan dan ilmu pendidikan semester akhir mahasaraswati Denpasar kampus II Amlapura mempunyai suatu pandangan tentang kepahlawnan dan generasi muda sebagai penerus bangsa,bahwasannya nilai kepahlawanan bukan hanya mengadakan suatu peringatan secara sermonial apalagi menghabiskan uang atau dana yang banyak, tetapi juga setiap tindakan harus mencerminkan suatu nilai kepahlawanan dalam arti menjujung kebenaran , rasa persatuan dan mengisi kemerdekaan dengan hal yang bermanfaat bagi bangsa Negara. Itu merupakan suatu rasa bakti yang paling luhur bagi generasi penerus bangsa itu senderi. ”Tetesan darah dan nyawa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan kita meski mengapresiasi melalui suatu perjuangan dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan itu sendiri”, komentar Dewi.

 



Artikel Lainnya :

Lihat Arsip Artikel Lainnya :

 



Galeri
Banner
Kritik Saran

I Komang Karyana

2021-01-27 11:13:04

Area Blankspot

Selengkapnya...

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Pengunjung Hari Ini : 215

Total Pengunjung : 1479871

Pengunjung Online: 4

Pengunjung Tahun 2018: 131224

Pengunjung Tahun 2019: 107326

Pengunjung Tahun 2020: 144390

Pengunjung Tahun 2021: 404435