Baca Artikel

Pilih Ponsel, Kenapa Harus Mahal ?

Oleh : karangasemkab | 14 Januari 2013 | Dibaca : 748 Pengunjung

Oleh: Drs. Made Wiguna, M.Ag

 

Hidup adalah sebuah perjuangan, perjuangan membutuhkan pengorbanan, pengorbanan dengan pilihan yang tepat akan menuai kesuksesan. Dalam menjelajahi pengetahuan di sunia ini diperlukan suatu perjuangan, perjuangan yang meminta suatu pengorbanan, namun jangan sampai salah dalam menentukan suatu pilihan, karena disana akan menanti sebuah keberhasilan atau sederet kegagalan. Begitu pula dalam memilih alat komunikasi dengan teknologi guna memperoleh informasi yang tepat akan komunikasi dengan teknologi guna memperoleh informasi yang tepat akan membutuhkan biaya yang cukup besar agar dapat memilikinya, namun jangan sampai salah dalam memilih alat tersebut, katakanlah sebuah ponsel (telepon seluler) atau telepon genggam atau istilah kerennya HP (Hand Phone).

 

Bagaimana Tips memilih dan menggunakan HP yang Benar?

Ada beberapa item yang harus diperhatikan oleh para pembeli Hand Phone, antara lain:

Perhatikan Fungsinya

Apakah haknya untuk menerima memanggil dan mengirim–menerima pesan (SMS = Short Messages Servise)? Jika yang ini silakan beli yang murah saja dengan kisaran antara Rp. 250.000 hingga Rp. 350.000 sudah mendapatkan HP baru bermerk terkenal sepertiNokia, Soni Ericsson, Siemens, dll. Tetapi jika yang di inginkan yang lebih lengkap, misalnya dapat berfungsi sebagai kamera dan video, serta ada media bluetoothnya maka kisaran harganya pada merk terkenal antara Rp. 1 juta hingga Rp. 2 jutaan. Namun jika yang diinginkan dengan fitur yang lebih lengkap, katakanlah agar lawan bicara kita dapat lihat di layar HP kita atau yang berfitur 3G, dapat mengkases saluran TV dengan pembayaran Rp. 2000/menit melalui pemotongan pulsa, dan dapat mengakses internet dengan pemotongan pulsa, serta memiliki extra memory sampai 2 Gega dengan merk terkenal. Maka harganya berkisar Rp. 2,5 juta hingga Rp. 5 jutaan.

 

Perhatikan Garansi yang diberikan ;

Apakah hanya garansi toko atau Garansi dari pabriknya (Garansi Resmi) ? jika anda ingin yang lebih murah, anda akan mendapatkan garansi toko saja, artinya HP yang anda beli adalah barang hasil selundupan atau istilahnya BM (Black Market). Jika anda ingin HP bergaransi resmi harganya akan lebih mahal, tetapi akan aman jika ada kerusakan sesuai perjanjian ; hingga tiga hari akan diganti HP baru, tetapi jika kerusakannya karena kesalahan pemakaian, misalnya terbakar, terendam, atau jatuh itu tidak menjadi tanggungan garansi. Dan jika lebih dari tiga hari baru ada komplain diluar kesalahan pemakai, maka HP anda akan diperbaiki dan gratis spare part dan biaya service.

 

Kemampuan Dana :

Anda memiliki dana pas–pasan? Jika anda termasuk kelompok ini, maka beli saja HP dengan merk kurang terkenal yang fiturnya sama dengan HP bermerk terkenal, tetapi agar diingat garansinya resmi bukan BM, misalnya beberpa HP keluaran China atau Taiwan. Namun, jika dana yang anda miliki cukup atau berlebihan, silahkan beli HP dengan merk terkenal seperti Nokia, Soni Ericsson, Soemens, Samsung, Motorola, dll. Sehingga jika ada kerusakan mudah memperbaikinya (ada teknisinya dan tersedia spare partnya hampir diseluruh kota besar maupun kecil di Bali). Sedangkan jika anda adalah kalangan artis dan pengusaha sukses maka HP nya adalah jenis Black Berry yang harganya sampai Rp. 10 jutaan (HP bergengsi)

 

Penggunaan Pulsa :

Berhemat pulsa? silakan perhatikan iklan di TV atau Mass Media Cetak, karena perang tarif antar operator seluler terus berlangsung. Mau nelpon murah atau SMS murah pada jam tertentu agar terus memperhatikan tayangan iklan sehingga pulsa telepon dapat dihemat, sebagai contoh : Pengguna kartu Simpati dapat berhemat dengan Simpati Extranya nelpon berjam – jam dengan biaya hanya Rp. 3000, pengguna kartuXL dapat berhemat dengan nelpon berkali–kali dengan biaya hanya Rp. 1000 selama satu hari hingga pukul 17.00, pengguna kartu IM3 dan Axis dengan biaya murah bagi pelanggan yang suka berinternet ria, namun agar diperhatikan keberadaan BTS (Base Trans – receiver Station) di daerah anda, karena belum semua operator telepon menjangkau daerah yang ada di Bali. Banyak lagi Kartu Seluler yang memberikan promosi murah, seperti Mentari, French, Hallo, Flexy dll.

 

Kemampuan Baterai :

Jika mau berhemat daya baterai, pengguna HP hendaknya jangan menghidupkan semua fitur yang memang tidak dibutuhkan. Seperti misalnya: screen saver, suara tombol, alarm, tampilan info seluler, bluetooth, serta atur volume dering jangan sampai maksimum, kurangi setel radio, TV, musik, video, game, dan internet.

 

Keamanan :

Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga keamanan: (1) keamanan HP itu sendiri, misalnya: tidak menaruh HP di tempat–tempat yang suhunya terlalu panas atau dingin, dekat barang–barang elektro yang mengandung magnet besar, atau di daerah terlarang misalnya lainnya. (2) keamanan pengguna HP, jika mau menelpon atau menerima telepon terlalu lama sebaiknya memakai headset saja, sehingga radiasi yang dikeluarkan jauh dari kepala, jika sedang berkendaraan; naik motor atau nyetir mobil sebaiknya pergunakan Headfree atau Headset, sehingga tangan dapat leluasa memegang stang atau kemudi.

 

Waspadai Telepon atau SMS Berhadiah :

Jangan sampai tertipu iming – iming hadiah yang dijanjikan seseorang yang mengaku – ngaku dari panitia atau perusahaan tertentu, biasanya mereka sudah berkelompok dalam jaringan penipu. Jika anda mengikuti kuis tertentu, cepat ketik: UNREG jika sudah tidak diperlukan lagi untuk menghindari pemotongan pulsa secara berlanjut.



Artikel Lainnya :

Lihat Arsip Artikel Lainnya :

 



Galeri
Banner
Kritik Saran

I Komang Karyana

2021-01-27 11:13:04

Area Blankspot

Selengkapnya...

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Pengunjung Hari Ini : 398

Total Pengunjung : 1506760

Pengunjung Online: 5

Pengunjung Tahun 2018: 131224

Pengunjung Tahun 2019: 107326

Pengunjung Tahun 2020: 144390

Pengunjung Tahun 2021: 404435