Baca Artikel

Budidaya Cabai Di Luar Musim Untuk Meningkatkan Pendapatan Usahatani Di Lahan Kering

Oleh : karangasemkab | 14 Januari 2013 | Dibaca : 922 Pengunjung

Oleh :

I Ketut Tahu Putrajaya,SP.MMA
Penyuluh Pertanian Muda
pada UPTD Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kecamatan Kubu

Cabai Rawit (Capsicum annuum L.) merupakan salah satu tanaman sayuran yang bernilai ekonomis tinggi dan mempunyai prospek yang baik untuk dikembangkan. Cabai Rawit (Capsicum annuum L.) sering mempengaruhi tingkat inflasi karena fluktuasi harganya yang tajam. Terjadinya fluktuasi harga yang tajam disebabkan oleh kurang stabilnya antara produksi yang tersedia dengan permintaan pasar.

Salah satu upaya untuk menyediakan cabai secara merata sepanjang tahun dan agar tidak terjadi fluktuasi harga di pasaran, adalah dengan melakukan budidaya di luar musim dan membatasi produksi pada masa bertanam normal sehingga diharapkan produksi dan harga cabai di pasar akan lebih stabil. Informasi tentang teknologi budidaya cabai diluar musim dengan menerapkan teknologi budidaya yang tepat, yaitu penggunaan bibit unggul, pupuk berimbang,  dan mulsa penutup tanah, belum tersebar luas. Atas dasar hal tersebut telah dilakukan pengkajian tentang budidaya budidaya cabai rawit diluar musim ditinjau dari aspek finansial teknis, sosial dan ekonomi.

Pengkajian teknologi ini dilaksanakan di lahan milik salah seorang petani di Kelompok Tani Baru Desa Tianyar Barat, I Nyoman Budiasa. Secara teknis teknologi budidaya cabai diluar musim dapat dilaksanakan kendatipun sedikit mendapat hambatan karena panasnya suhu lingkungan sekitar pertanaman. Secara sosial cukup direspon oleh petani sekitar, namun belum dapat diadopsi secara lebih luas karena faktor air yang ketersediaanya terbatas di musim kemarau. Sedangkan secara ekonomi beradasarkan pencatatan hasil yang dianalisis secara finansial dengan perhitungan benefid cost ratio (B/C Ratio) bahwa usahatani cabai rawit diluar musim diperoleh nilai R/C ratio sebesar 2,57 ini berarti setiap Rp 1,00 modal yang diiventasikan untuk usahatani cabai akan memberikan penerimaan sebesar Rp 2.57, berarti usahatani cabai rawit diluar musim layak untuk diusahakan.



Artikel Lainnya :

Lihat Arsip Artikel Lainnya :

 



Galeri
Banner
Kritik Saran

I Komang Karyana

2021-01-27 11:13:04

Area Blankspot

Selengkapnya...

Rizki Aryawan

2018-04-05 10:40:30

Jalan Amblas

Selengkapnya...

Yoga Aryawan

2018-03-08 11:09:08

Beasiswa

Selengkapnya...
Polling
Bagaimana Penilaian Anda Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pemkab Karangasem?
Statistik

Total Pengunjung Hari Ini : 402

Total Pengunjung : 1506764

Pengunjung Online: 6

Pengunjung Tahun 2018: 131224

Pengunjung Tahun 2019: 107326

Pengunjung Tahun 2020: 144390

Pengunjung Tahun 2021: 404435